HOME » BERITA » BUKAN URUS, INI DIA SUV PERTAMA LAMBORGHINI

Bukan Urus, Ini Dia SUV Pertama Lamborghini

Sedikit yang mengetahuinya, namun sesungguhnya Urus bukanlah SUV pertama yang pernah dibuat oleh pabrikan yang identik dengan mobil sport tersebut.

Kamis, 07 Desember 2017 22:15 Editor : Fitradian Dhimas
Foto: Lamborghini

OTOSIA.COM - Beberapa waktu yang lalu, produsen spesialis supercar asal Italia, Lamborghini, meluncurkan super-SUV-nya yang pertama dengan nama Lamborghini Urus.

Sedikit yang mengetahuinya, namun sesungguhnya Urus bukanlah SUV pertama yang pernah dibuat oleh pabrikan yang identik dengan mobil sport tersebut.

Pada pertengahan 1970-an, pendiri Lamborghini, Ferruccio Lamborghini, memutuskan untuk menjual perusahaan yang dibangunnya kepada Georges-Henri Rosetti dan pensiun di daerah pedesaan Italia.

Tugas Rosetti pemeilik merek Lamborghini tentunya sangat besar, mengingat produk-produk ikonis yang dulunya diciptakan oleh Ferrucio sangat sulit untuk dikalahkan.

Rosetti sendiri tidak memiliki pengalaman di industri otomotif, sehingga bukannya membuat mobil super, Lamborghini justru menggandeng kontraktor militer Amerika Serikat bernama Mobility Technology International (MTI).

Hasilnya, pada Geneva Motor Show 1977, Lamborghini Cheetah pun diperkenalkan sebagai offroader untuk angkatan bersenjata Amerika Serikat.

Pada saat itu, masih belum ada Hummer, sedangkan tentara Amerika masih menggunakan Jeep CJ-7. Jika dibandingkan dengan Lamborghini Cheetah, penampilan Jeep CJ-7 malah terkesan kecil.

Sayangnya, meski menggendong mesin V8 5.9 liter berkekuatan 183 hp buatan Chrysler, kecepatan Lamborghini Cheetah tidak sekencang namanya gara-gara bobot yang terlampau berat.

Akibatnya, Lamborghini mengalami kerugian hingga harus membatalkan proyek Cheetah, dan sempat bangkrut, hingga akhirnya mendapatkan investor baru.

Baru pada Geneva Motor Show 1981 penerus dari Cheetah bernama Lamborghini LM001 menyeruak, namun nasibnya sama saja dengan Cheetah yang tidak jelas nasibnya.

Setahun kemudian, SUV Lamborghini kembali berevolusi, kali ini dengan nama LM002 yang mendekati tahap produksi, sembari menyingkirkan mesin Chrysler V8 untuk memberi ruang untuk dapur pacu V12 dari Countach.

Selain itu, berbeda dari Cheetah yang untuk militer, Lamborghini LM002 lebih ditujukan untuk masyarakat sipil, lengkap dengan berbagai kemewahan seperti navigasi satelit.

Sebanyak 328 unit Lamborghini LM002 diproduksi daru tahun 1986 hingga 1993. Produksi LM002 berhenti ketika Lamborghini berpindah kepemilikan, dari yang sebelumnya di tangan produsen mobil Amerika, Chrysler, menjadi milik konglomerasi Indonesia SEDTCO yang dikepalai Tommy Suharto.

(kpl/fdk)

BERI KOMENTAR