HOME » BERITA » BUKAN VALENTINO ROSSI, MOTOR BALAP YAMAHA M1 MERAH PUTIH EDISI KHUSUS DIPAKAI CAL CRUTCHLOW

Bukan Valentino Rossi, Motor Balap Yamaha M1 Merah Putih Edisi Khusus Dipakai Cal Crutchlow

Memperingati 60 tahun berpartisipasi di World Grand Prix, Yamaha membuat livery khusus untuk motor balap MotoGP YZR-M1. Motor yang biasa didominasi warna biru hitam itu kini menjadi merah putih.

Jum'at, 12 Maret 2021 10:15 Editor : Dini Arining Tyas
Bukan Valentino Rossi, Motor Balap Yamaha M1 Merah Putih Edisi Khusus Dipakai Cal Crutchlow
YZR-M1 edisi livery khusus (Yamaha Racing)

OTOSIA.COM - Yamaha Racing merilis motor balap YZR-M1 edisi khusus. Motor balap itu dipakai test rider Yamaha Factory Racing, Cal Crutchlow di Sirkuit Lossail, Qatar.

Motor balap itu memakai livery berwarna merah putih untuk merayakan ulang tahun ke-60 Grand Prix yang sudah diikuti Yamaha Motor Co., Ltd. Selain itu, motor balap dengan livery berbeda tersebut dipakai untuk memberikan penghormatan kepada pembalap-pembalap Yamaha di masa lalu dan masa kini.

Perjalanan balap Grand Prix Yamaha dimulai pada tahun 1961. Saat itu, tim Yamaha memiliki lima pembalap, termasuk Fumio Ito dan Taneharu Nogushi.

1 dari 2 Halaman

(c) Yamaha Racing

Mereka terbang ke Eropa bersama RD48 250cc twin in-line yang baru dikembangkan dan mesin pabrikan RA41 silinder tunggal 125cc. Mereka lalu menjalani debut perdana World Grand Prix.

Balapan pertama yang diikuit tim Yamaha saat itu adalah GP Prancis yang merupakan seri putaran ketiga. Pada 2021 ini, Yamaha juga berencana membuat beberapa aktivitas dan inisiatif sepanjang musim balap 2021 untuk merayakan pencapaian penting ini.

"Peringatan 60 tahun WGP dengan YZR-M1 livery baru ini memiliki arti lebih dari sekadar tonggak sejarah dan mengenang jejak para pendahulu kami. Ini adalah tekad kami untuk memiliki hasrat yang tiada duanya, percaya pada kekuatan olahraga motor, dan ebrikan kegembiraan kepada dunia," kata General Manager Motorsport Development Division, Hiroshi Ito.

2 dari 2 Halaman

(c) Yamaha Racing

Sementara itu, Crutchlow yang baru memulai karir menjadi pembalap penguji pada MotoGP 2021 ini merasa terhormat. Crutchlow sendiri memulai karir balap MotoGP dengan tim satelit Yamaha.

"Sangat istimewa bahwa saya hadir untuk kedua tonggak penting untuk Yamaha. Saya baru saja kembali ke Yamaha sebagai test rider setelah 7 tahun berlalu, dan saya menikmati pengalaman itu," katanya.

BERI KOMENTAR