HOME » BERITA » HARGA MITSUBISHI XPANDER NAIK RP3 JUTA MULAI BULAN DEPAN

Harga Mitsubishi Xpander Naik Rp3 Juta Mulai Bulan Depan

Mitsubishi akan menaikkan harga jual untuk Xpander, L300, dan Triton bulan Juni 2020. Kenaikan bervariasi antara Rp 1-3 juta.

Rabu, 20 Mei 2020 18:15 Editor : Nazarudin Ray
Harga Mitsubishi Xpander Naik Rp3 Juta Mulai Bulan Depan
Mitsubishi Xpander (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berencana menaikkan harga jual untuk Xpander, L300, dan Triton pada bulan Juni 2020. Kenaikan tersebut bervariasi tergantung varian dari kedua model tersebut.

MenurutHead of Sales & Marketing Group MMKSI, Imam Choeru Cahya, Mitsubishi L300 akan naik harga sebesar Rp 1 juta, dan Xpander naik Rp 2-3 juta tergantung tipe.

"Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, memang kami belum ada kenaikan di bulan Mei ini, namuan karena efek domino dari pandemik ini yang pengaruhnya cukup bersar terhadap pasar. Kami juga harus menyesuaikan harga dan akan diimplementasikan di bulan Juni," ujanya dalam digital press conference kemarin.

1 dari 2 Halaman

Harga Mitsubishi Xpander Naik Rp3 Juta Mulai Bulan Depan

Kenaikan Harga Tak Bisa Dihindari

Faktor terbesar kenaikan L300 dan Xpander adalah perubahan mata uang sehingga mempengaruhi biaya produksi. "Alasannya memang saat ini kami memproduksi L300 dan Xpander di MMKSI. Jadi kaitannya dengan perubahan kurs tadi itu, dan itu mempengaruhi cost production kami. Sementara untuk Triton itu naik karena memang kan diimpor," timpal Andry Indardy, Head of Sales & Marketing Planning Department MMKSI.

Sementara Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division MMKSI menyatakan, kenaikan harga adalah hal yang tidak bisa dihindari dan terjadi setiap tahun.

"Penyesuaian harga memang harus selalu dilakukan. Tidak harus setiap tahun tapi biasanya tiap tahun ada peyesuaian harga karena memang faktor kenaikan biaya produksi, inflasi, penyesuaian kurs, dan lainnya. Dan hal tersebut biasanya yang mempengaruhi penyesuaian harga," kata Irawan.

2 dari 2 Halaman

Irwan menyatakan faktor lain yang menyebabkan harga naik, diantaranya penambahan spek atau fitur atau kenaikan BBN. Penyesuaian harga diakuinya menjadi bagian dari strategi bisnis dan strategi kompetisi.

"Tapi Mitsubishi memastikan kenaikan harga itu tetap mempertahankan value for money untuk konsumen dan hal itu menjadi hal yang paling penting dimana kami tetap memberikan value yang terbaik tidak hanya dari sisi produknya tapi juga keseluruhan TCO hingga resale valuenya," ujar Irwan.

"Di dalam harga itu juga ada faktor brand value yang perlu diperhatikan dan memang juga diperhatikan oleh konsumen karena harga yang paling murah juga tentunya akan sedikit mempengaruhi brand image. Dan hal itu pun menjadi salah satu strategi branding dan pricing kami," tutup Irwan.

BERI KOMENTAR