HOME » BERITA » BULE KEPINCUT CAFE RACER INDONESIA, MOTOR INI SIAP TERBANG KE INGGRIS

Bule Kepincut Cafe Racer Indonesia, Motor Ini Siap Terbang ke Inggris

Motor bergaya cafe racer garapan bengkel Kromworks mampu memikat pembeli asal Inggris. Motor ini siap dikirim ke Negeri Ratu Elizabeth.

Rabu, 19 Mei 2021 21:45 Editor : Nazarudin Ray
Bule Kepincut Cafe Racer Indonesia, Motor Ini Siap Terbang ke Inggris
Cafe racer karya Kromworks memikat bule asal Inggris (Kromworks)

OTOSIA.COM - Dalam beberapa tahun terakhir beberapa builder kenamaan dunia, baik dari Jepang, Taiwan, Eropa hingga Amerika mengunjungi Indonesia untuk melihat langsung berbagai kontes motor custom bergengsi di Tanah Air.

Kedatangan mereka ada yang karena undangan khusus, pengamat, hingga didaulat menjadi juri.

Kabar kehebatan builder Indonesia dalam melakukan custom motor turut membahana di negeri mereka. Tidak heran jika karya-karya builder Indonesia mampu memikat dan diminati pecinta custom dunia.

1 dari 5 Halaman

Frame menggunakan plat besi  (Kromworks)

Salah satu yang diminati konsumen Inggris adalah karya Kromworks, yang digawangi Andika Pratama. Belum lama pecinta motor custom asal Negeri Ratu Elizabeth ini memesan karya Kromworks.

Motor custom bergaya cafe racer menjadi acuan sang owner melakukan pemesanan. Berkat komunikasi yang intens akhirnya Andika Pratama pemilik dari Kromworks memberikan gambar awal cafe racer modern klasik.

2 dari 5 Halaman

Dengan bentuk yang futuristik satu demi satu besi plat ditempa untuk membuat frame, lengan ayun dan peredam kejut depan.

Menggunkana besi plat dengan ketebalan 8mm beberapa bagian ini dibentuk. Dan penggunaan bahan ini juga menjadi alasan bagi Dika untuk memberikan warna hijau pada ketiga bagian ini.

?Jika biasanya bagian frame ini dibentuk menggunakan pipa, kali ini kami menggunakan plat besi yang dibentuk secara hand made, begitu juga pada arm dan peredam kejut tipe girder yang biasa ditemukan pada motor klasik," beber Dika.

3 dari 5 Halaman

Penggunaan stainless steel bikin bodi terlihat kinclong (Kromworks)

Menurutnya pengerjaan di sektor tersebut terbilang sulit, mulai dari penempatan dudukan suspensi belakang hingga suspensi depan yang ada di dalam bodi.

"Jadi kita fitting supaya kemudi dan suspensi bisa berfungsi dengan baik ketika motor berjalan,? ungkap Dika.

4 dari 5 Halaman

Motor 250 - 650cc

Desain buritan terlihat unik (Kromworks)

Bentuk presisi dan detail yang baik membuat frame garapan Kromworks bisa diaplikasikan untuk mesin 250 cc ? 650 cc. Sementara untuk bagian bodi, identitas dari motor buatan Kromworks dapat terlihat, penggunaan bahan stainless steel membuat bodi lebih terlihat kinclong dan tidak termakan usia.

Bodi pada motor ini dibagi menjadi tiga bagian. Untuk bodi utama terdapat beberapa komponen penting mulai dari tangki berkapasita 5 liter, aki hingga beberapa komponen lainnya.

?Agar bisa mendapatkan detail yang baik dan bersih tanpa melihat kabel berseliweran kami meletakan kabel dan beberapa komponen di dalam frame dan bodi sehingga clean. Bahkan untuk electric stater saya menggunakan milik mobil sekaligus sebagai swich on/off lampu. Dan lampu depan belakang juga terlindugi oleh grill,? ucap Dika, yang juga anak dari Dodi Irhas owner Dodi Crome Cycles.

5 dari 5 Halaman

Nantinya motor garapan Dika ini bakal di kirim ke Inggris tanpa menggunakan mesin sesuai keinginan dari sang owners, bahkan tidak menutup kemungkinan motor karya Kromworks bakal diikut sertakan kontes.

"Motor cafe racer sudah kami siapkan untuk dikirim. Jadi tinggal menunggu waktu pengiriman saja," tutup Dika

Data singkat:
Bengkel : Kromworks
Suspensi belakang : Kawasaki Ninja
Pelek : TK Ring 21 F/R

BERI KOMENTAR