HOME » BERITA » BULE MANTAN TUKANG LEDENG AJARI BUILDER INDONESIA BISNIS CUSTOM

Bule Mantan Tukang Ledeng Ajari Builder Indonesia Bisnis Custom

Selasa, 04 Desember 2018 11:15 Editor : Cornelius Candra
Motor kustom karya Fred Kodlin (Istimewa)

OTOSIA.COM - Menghadiri acara bergengsi Custombike Show di kota Bad Salzuflen salah satu builder dari Jerman yaitu Fred Kodlin Motorcycles yang berbasis di kawasan Hessen sekitar 2 jam perjalanan dari kota Bad Salzuflen. Fred Kodlin Motorcycles sudah didirikan sejak awal 1980-an sehingga bisa dikatakan sebagai salah satu builder senior di Jerman.

Sambutan builder Jerman saat rombongan berkunjung terbilang luar biasa, dan secara terbuka berbagi pengalaman dan berdiskusi mengenai dunia custom.

Para builder Indonesia mendapatkan banyak ilmu tentang bagaimana Fred Kodlin yang membangun bisnis dari awal hingga kini menjadi sebuah perusahaan besar dan mengembangkan bisnisnya sampai ke luar negeri.

"Saya beruntung sekali bisa datang kesini, motor yang dibuat disini hampir seluruh part-nya dibuat sendiri dengan mangandalkan mesin CNC. Untuk segi finishing motor motor Fred Kodlin ini sangat keren dan akhirnya banyak desainnya yang yang jadi trendsetter di dunia motor custom, ujar Rizaldi Parani, salah satu peserta perjalanan ini lewat pesan Whatsapp.

Fred Kohlin Motorcycles awalnya didirikan dengan nama Chopperschmiede, sang pendiri yaitu Fred Kodlin menceritakan asal mula ia membangun brandnya hingga akhirnya menjadi sebuah perusahaan.

Awalnya ia menjalani magang sebagai tukang ledeng pemanas dan pada tahun 1985 ia memperoleh sertifikat master craftsman sebagai ahli pandai besi dan mekanik roda dua.

Pada awal 1990-an, ia memulai peruntungannya dengan memperluas cakupan bisnisnya sampai ke Amerika Serikat. Perjuangannya membesarkan bisnisnya mulai membuahkan hasil antara tahun 1986 dan 1994, dimana ia berhasil mengimpor sekitar 300 sepeda motor Harley-Davidson untuk mulai menjadi distributor di Jerman.

Melihat adanya peluang yang terus berkembang ia mulai membuat rangka sepeda motor di rumah pada tahun 1998. Pada tahun 1999 rangka yang mereka buat mendapat sertifikasi oleh Asosiasi Inspeksi Teknis setempat dan ini membuat perusahaannya terus berkembang.

Fred yang kini mengesahkan brandnya menjadi Kodlin Motorcycles sudah membuat beberapa parts after market khusus custom antara lain Roda tanpa axl hub, rem visible, sistem transmisi, roller, part lain seperti kabel dan pulley dan juga proses optikal Desain Airbrush yang merupakan fitur desain andalan khas motor buatan Kodlin. Saat ini ia juga sudah mulai membuat apparel Kodlin Motorcycles walaupun hanya baru sebatas membuat produk fashion seperti T Shirt, Kemeja Hoodie dan juga Jaket.

Builder Indonesia tidak hanya diajak untuk mengamati display motor-motor custom yang sudah pernah dibuat tetapi juga diajak untuk melihat langsung bagian dalam dari workshopnya yang sudah dilengkapi beberapa perangkat canggih untuk membuat motor custom mulai dari mesin CNC sampai dengan mesin khusus untuk melakukan dyno test.

Setiap builder dunia yang saya tahu pada saat mereka membuat motor yang terbilang ektreme, mereka tetap memperhatikan unsur keamanan, harus layak jalan dan juga mentaati regulasi yang ada. Ini bisa menjadi salah satu acuan bagi builder Indonesia ketika mereka membuat karya," kata Bimo Hendrawan salah satu juri Suryanation Motorland.

Reporter : Nazarrudin Ray

(kpl/nzr/crn)

BERI KOMENTAR