HOME » BERITA » BUNYIKAN KLAKSON SAAT MOMEN YANG TAK TEPAT, PENGEMUDI BISA DIDENDA HINGGA RP17 JUTA

Bunyikan Klakson saat Momen yang Tak Tepat, Pengemudi Bisa Didenda Hingga Rp17 Juta

Salah bunyikan klakson di Inggris, pengemudi bisa kena denda belasan juta jika kasusnya dibawa ke pengadilan.

Selasa, 14 Januari 2020 08:15 Editor : Dini Arining Tyas
Bunyikan Klakson saat Momen yang Tak Tepat, Pengemudi Bisa Didenda Hingga Rp17 Juta
Membunyikan klakson sembarangan di Inggris bisa didenda (Ilustrasi/thesun.co.uk)

OTOSIA.COM - Jika tengah mengemudi di Inggris, ada baiknya untuk memahami aturan yang mungkin tak berlaku di beberapa negara lain, termasuk Indonesia. Seperti aturan membunyikan klakson yang bisa membuat pengendara kena denda tinggi.

Pasalnya, di negeri Ratu Elizabeth itu tak boleh membunyikan klakson sembarangan. Hal itu bahkan ada dala Highway Code.

1 dari 2 Halaman

Menurut Express.co.uk, pengemudi bisa didenda jika membunyikan klakson tak tepat waktu. Seperti saat tengah berhenti atau di lampu merah. Juga tak boleh membunyikan klakson saat frustasi atau marah.

Jika melanggar, siap-siap didenda sebesar GBP 30 atau Rp 500 ribuan (Kurs GBP 1 = Rp 17.744). Tapi pada banyak kasus, jika pelanggaran itu sampai dibawa ke meja pengadilan, maka denda bisa naik hingga GBP 1.000 atau Rp 17 jutaan.

"Klakson hanya boleh dipakai ketika memperingatkan seseorang tentang baaya, bukan untuk menunjukkan kekesalan Anda saat mengemudi," begitu pernyataan pada Ask the Police.

2 dari 2 Halaman

Dalam Highway Code, disebutkan bahwa pengemudi tak boleh membunyikan klakson di daerah pemukiman saat larut malam. Juga tak boleh di lokasi perkotaan antara pukul 11.30 dan 07.00 pagi waktu setempat.

Klakson mobil juga tak boleh dipakai sebagai salam untuk sekadar menyapa teman atau mengingatkan orang rumah ketika sudah tiba di rumah. 

BERI KOMENTAR