HOME » BERITA » BUSI DIPENUHI BERCAK, INILAH PENYEBABNYA

Busi Dipenuhi Bercak, Inilah Penyebabnya

Pernah melihat kondisi busi yang dipenuhi bercak saat kita sedang membukanya waktu servis?

Jum'at, 13 April 2018 10:15 Editor : Cornelius Candra
Foto : Cyclepedia.com

OTOSIA.COM - Pernah melihat kondisi busi yang dipenuhi bercak saat kita sedang membukanya waktu servis?

Bercak-bercak itu bisa mengindikasikan bahwa ada yang salah dalam hal sistem pembakaran atau sistem kerja mobil, atau juga karena pilihan busi yang selama ini ternyata salah.

Pada dasarnya, busi sudah punya spesifikasi yang berbeda-beda, seperti dikatakan Diko Oktaviano,
Technical Support NGK Busi Indonesia. Bisa jadi, bercak itu pertanda bahwa dia menghadapi panas melebihi kemampuannya.

"Kalau ada titik-titik di insulator, kemudian kalau kita raba bagian nikel ada besi yang meleleh dikit, itu menandakan kalau dia sudah mengalami overheat," kata dia.

Overheat, menurut dia, disebabkan oleh macam-macam faktor. Yang pertama bisa berupa masalah pendinginan, atau ada yang secara range dia sudah terlampau panas.

"Busi sendiri punya range aman dan range tidak aman," kata dia lalu menyebutkan bahwa efek lainnya bahkan bisa dari bahan bakar.

Seperti kita sama-sama tahu, bahan bakar yang dijual di masyarakat punya oktan berbeda-beda. Untuk produk Pertamina, ada Premium, Pertalite hingga Pertamax Turbo.

Makin tinggi oktan, pembakaran makin mantap, tetapi di sisi lain bisa bikin tambah overheat untuk busi. Makanya, pengguna perlu tahu lebih jauh mengenai spesifikasi busi yang digunakan. Sebab kerusakan busi berpengaruh balik pada pengapian.

"Bisa juga ada hubungannya dengan pemakaian bahan bakar. Jelas, kita sama-sama tahu bahan bakar mana yang punya oktan tinggi. Apalagi ditambah pil di dalamnya," kata dia.

(kpl/why/crn)

BERI KOMENTAR