HOME » BERITA » BUSI MOTOR BISA PATAH SAAT MUSIM HUJAN, BEGINI PENJELASANNYA

Busi Motor Bisa Patah Saat Musim Hujan, Begini Penjelasannya

Saat musim hujan metal shell dan insulator busi motor berpotensi patah ketika dibuka akibat karat yang terus dibiarkan dan jarang dibersihkan.

Rabu, 23 September 2020 21:15 Editor : Nazarudin Ray
Busi Motor Bisa Patah Saat Musim Hujan, Begini Penjelasannya
Ilustrasi pengendara mendorong motor mogok akibat busi kena air (Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Beberapa wilayah di Indonesia mulai diguyur hujan deras. Dalam tiga hari terakhir, kawasan Jabodetabek dilanda hujan dengan itensitas yang cukup tinggi. Akibatnya beberapa ruas jalan di Jakarta terendam air.

Saat musim hujan, berkendara harus ekstra hati-hati karena jalan yang licin dan pandangan sedikit terganggu. Disamping juga jangan malas untuk merawat dan mengecek kembali komponen-komponen vital pada sepeda motor. Busi misalnya.

Hujan di Jakarta dan sekitarnya memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Karena itu disarankan melap busi jika usai melewati genangan air. Pasalnya unsur asam dapat mempercepat karat pada busi.

1 dari 3 Halaman

"Kuncinya kalau motor habis melewati genangan air, atau merasa si busi berpotensi terkena air, mending dibuka, lalu dikeringinkan. Jangan biarkan busi menjadi lembab," buka Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia.

Selain itu, pastikan busi sudah tertutup rapat saat berkendara di tengah hujan lebat. Sebab jika tidak rapat, ini menjadi potensi besar korosi. 

"Ini bisa karatan karena metal shell tidak menutup sempurna sama si tutup busi," tukasnya.

 

2 dari 3 Halaman

Jika lama dibiarkan, ketika servis motor maka membuka busi menjadi susah akibat telah terjadi karat. Jika parah, dampaknya bisa menyebabkan busi menjadi patah saat dibuka.

"Bagian metal shell sama insulator bisa patah ketika diputer sama kunci busi," terangnya.

Pada sisi lain Diko menerangkan musim hujan tidak memberikan pengaruh pada umur busi, sepanjang kondisi kering dan tidak terkena air. 

 

3 dari 3 Halaman

"Cuaca hujan tidak berfek umur busi jadi pendek. Sama saja dengan musim kering, performanya tetap sama," tukasnya.

Diko menambahkan, saat musim hujan busi menjadi poin penting yang harus diperhatikan karena berkaitan dengan pengapian. Tanpa pengapian yang baik, mesin bisa mati. Selain itu, biasakan membawa busi cadangan saat musim penghujan.

"Busi kudu sering dirawat, ini jadi poin perhatian utama. Yang penting jaga kebersihan biar tetep kering. Kalo perlu bawa cadangan, jika suatu saat -- misalnya -- melewati genangan air sampai mesin terendam," pungkasnya.

BERI KOMENTAR