HOME » BERITA » BUSI PUNYA BANYAK KAKI TERNYATA MALAH KURANG EFEKTIF?

Busi Punya Banyak Kaki Ternyata Malah Kurang Efektif?

Minggu, 10 Maret 2019 07:00 Editor : Redaksi Otosia
Ilustrasi busi tiga-kaki (Bukalapak)

OTOSIA.COM - Busi merupakan bagian vital kendaraan yang harus selalu dijaga. Perannya yang besar sebagai pendukung kombusi, perlu untuk diperhatikan agar kendaraan selalu terjaga dengan performa terbaiknya.

Dengan banyaknya jenis busi yang beredar di pasaran, konsumen wajib memperhitungkan busi yang pas dengan pemakaian kendaraan. Salah satu yang banyak beredar di pasaran ialah busi kaki-tiga.

Bersamaan dengan acara kumpul komunitas PT Mitra Pinasthika Mustika (MPM) Honda yang dilaksanakan di Kota Batu, Jawa Timur, Amar selaku pemilik AHASS Asia Motor, membeberkan soal performa busi yang ternyata dipengaruhi oleh banyaknya kaki.

Sebagai contoh ialah busi iridium yang hanya memiliki satu kaki runcing, rupanya disebutnya memiliki percikan bunga api yang lebih fokus ketimbang banyak kaki, seperti halnya busi kaki-tiga.

Meski memiliki jumlah kaki yang lebih banyak, bukan berarti ketiga kakinya berfungsi secara berbarengan. Faktnya, percikan bunga api justru muncul bergantian.

"Biar pun kakinya tiga, dia (kaki-kaki busi) tidak akan ketiga-tiganya nyala besamaan. Bisa diperhatikan, yang nyala hanya satu sisi," ungkap Amar.

Penyebab utama aliran yang tidak fokus tersebut, menurut Amar, berasal dari sistem arus listrik yang akan mencari hambatan paling rendah.

"Karena dia (arus listrik) akan mencari hambatan terendah. Artinya meskipun kakinya banyak, sebenarnya percuma, karena hanya akan fokus di satu titik (bergantian)," tambahnya lagi.

(kpl/red)

BERI KOMENTAR