HOME » BERITA » CAFE RACER GILA "KALABENDU", 90 PERSEN BUATAN TANGAN

Cafe Racer Gila "Kalabendu", 90 Persen Buatan Tangan

Cafe racer bernama "Kalabendu" garapan M Yusuf Adib Mustofa memang menerjemahkan nama workshopnya, yakni Psycho Engine.

Minggu, 08 April 2018 11:15 Editor : Cornelius Candra
Foto : Dimas Wahyu

OTOSIA.COM - Cafe racer bernama "Kalabendu" garapan M Yusuf Adib Mustofa memang menerjemahkan nama workshopnya, yakni Psycho Engine.

Nama workshop yang sudah santer gara-gara motor Naga 5 ini bikin satu motor lagi yang dinamai "Kalabendu".

Yusuf menyebutnya cafe racer, terlihat dari desain buritan motor layaknya buntut lebah. Namun ketika ditanya bahan dasar sepeda motornya, dia menyebutnya tidak ada.

Hampir 80-90 persen motor ini mengandalkan produk custom, bahkan sampai ke bagian rangkanya.

"Enggak ada basic motor, kruk as bikin sendiri, crankcase bikin sendiri. Jadi boleh dibilang 90 persen hand made,"ujarnya.

Proses casting rangka sebagai bagian tersulit dilakukan dengan cor logam secara manual. Makanya, pengerjaan motor ini makan waktu penuh 8 bulan.

Namun kalau dibilang tidak ada bahan dasar motor, ini jadi persoalan menarik.

Setelah dibahas lebih jauh, motornya memakai organ-organ motor lain. Namun, Yusuf meng-customnya lagi ketika akan dipasangkan ke motor ini. Bahkan, Yusuf menggambar mesin baru dari mula.

"Kalau engine, saya gambar teknik (kerjanya) dulu, lalu saya dapat kayak setang seher dari Sportster (Harley Davidson) yang Iron Head. Lalu pistonnya dari mobil. Kampas kopling juga Sporster. Rumahnya custom ulang," ujarnya.

Sementara itu, fork depan justru diambil dari motor modern Yamaha R15 yang dicustom lagi menggunakan tabung Honda Tiger dan dipakaikan gas.

"Kalau shock, variasi biasa, Yoko, cuma sulingnya di-custom lagi karena kalau tidak akan terlalu empuk," ujarnya lalu menyebut kapasitas silinder mesin ini 815 cc.

Satu yang tidak kalah menarik adalah rantainya. Dari samping, rantai itu terlihat seperti dobel.

"Dua rantai ini sebenarnya power ke gearbox, perseneling 1-2-3. Gearbox-nya pakai BSA tahun 1956," tambah dia lagi, yang bekerja sama dengan Cheto Leather Art untuk membalut bagian motornya.

(kpl/why/crn)

BERI KOMENTAR