HOME » BERITA » CANGGIH, FORD FOCUS PUNYA SENSOR LUBANG JALAN

Canggih, Ford Focus Punya Sensor Lubang Jalan

Selasa, 26 Juni 2018 17:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Paultan.org

OTOSIA.COM - Ford pertama kali mengenalkakn teknolgi sensor pendeteksi lubang jalan pada awal 2016. Hingga kini teknologi tersebut masih dipakai dan disematkan pada new Ford Focus.

Melansir Paultan, teknologi ini diklaim membantu mengurangi kerusakan mobil yang diakibatkan adanya lubang di jalan. Seperti diketahui, saat ini tak semua jalan mulus tanpa lubang.

Akibatnya tak sedikit pula mobil yang rusak pada bagian velg, kaki-kaki, dan ban karena lubang jalan. Teknologi yang bernama Blue Oval ini bekerja dengan sebuah sensor.

Saat mobil terdeteksi akan bertemu dengan lubang, suspensi pun segera menegang untuk bersiap membentur lubang. Sehingga, mencegah roda tak akan masuk lubang sepenuhnya.

Ford mengatakan, suspensi belakang mampu merespon lebih cepat setelah mendapat peringatan sepersekian detik dari sensor depan. Teknologi ini pun telah diuji di jalan raya sepanjang 2 kilometer di Lommel Proving Ground, Belgia, yang menggunakan replika dari beberapa lubang terburuk di dunia.

"Teknisi kami sengaja mencari jalan tersulit untuk benar-benar mengujinya. Lubang jalan adalah masalah yang tidak akan hilang dalam waktu dekat, tetapi dengan teknologi canggih ini kami bisa mengurangi dampaknya," ujar Vehicle Dynamics Supervisor Ford Focus, Guy Mathot.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR