HOME » BERITA » CANGGIH NIH, BAN MOBIL BISA TERHUBUNG KE INTERNET

Canggih Nih, Ban Mobil Bisa Terhubung ke Internet

Pirelli menghadirkan ban mobil canggih yang bisa meningkatkan keselamatan berkendara.

Sabtu, 07 Desember 2019 16:15 Editor : Cornelius Candra
Canggih Nih, Ban Mobil Bisa Terhubung ke Internet
Ban mobil Pirelli P-Zero (Pirelli)

OTOSIA.COM - Koneksi tanpa kabel atau wireless tengah ramai dikembangkan oleh berbagai pabrikan mobil. Smartphone yang bisa terhubung ke head-unit sekarang merupakan hal biasa.

Kini, giliran Pirelli menghadirkan ban yang dapat terhubung ke internet. Tentu teknologi ini bukan bagian dari sistem hiburan seperti head-unit, melainkan keselamatan.

Mengutip dari Motor1.com, berkat ban ini, pengemudi bisa mengetahui data terkait efek kondisi jalan dan berbagai faktor lain pada mobil. Tentu pabrikan asal Italia itu menggunakan sistem canggih.

1 dari 1 Halaman

Sistem Keselamatan

Canggih Nih, Ban Mobil Bisa Terhubung ke InternetSistem Keselamatan

Pada ban tersebut tertanam semacam cakram sebesar uang koin. Di dalamnya, terpasang sensor, prosesor, dan alat komunikasi elektronik. Data yang tertangkap kemudian dikirimkan ke ECU mobil.

Hadirnya teknologi ini bisa mengurangi resiko terjadinya kecelakaan akibat hydroplaning ketika mobil melintasi genangan air. Tak hanya itu, sistem tersebut juga akan mengirimkan peringatan bagi kendaraan di belakangnya.

Sebelumnya, Pirelli telah menjajal teknologi ini pada Pirelli P-Zero Trofeo di Audi A8. Ban itu berhasil mendeteksi jalan basah dan menginformasikan ke Audi Q8 yang ada di belakangnya melalui koneksi 5G. Sekarang pengembangannya sudah masuk ke tahap akhir, namun belum ada informasi terkait harga dan peluncurannya.

BERI KOMENTAR