HOME » BERITA » CANGGIH! PLAT NOMOR DI DUBAI BISA PANGGIL POLISI JIKA ALAMI KECELAKAAN

Canggih! Plat Nomor di Dubai Bisa Panggil Polisi Jika Alami Kecelakaan

Kamis, 12 April 2018 13:15

Canggih! Plat Nomor di Dubai Bisa Panggil Polisi Jika Alami Kecelakaan
Ilustrasi : Kecelakaan mobil / Auto.it
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Salah satu kelengkapan yang wajib terdapat pada sebuah mobil adalah plat nomor. Fungsinya untuk memberikan identitas secara spesifik kepada masing-masing kendaraan.

Ternyata, kegunaan plat nomor bisa dikembangkan menjadi lebih canggih lagi. Seperti dikabarkan oleh Gulfnews.com, plat nomor itu beredar di Dubai dan dinamai Tag2Connect (T2C).

Plat nomor canggih itu dilengkapi dengan modul GPS dan teknologi komunikasi nirkabel. Dengan adanya GPS, bisa diketahui jalur perjalanan mobil berplat nomor tersebut. Bahkan, alat itu bisa menghubungi polisi sendiri jika terlibat dalam kecelakaan atau pun digondol maling.

Plat nomor Tag2Connect di Dubai / Gulfnews.com

Menariknya lagi, T2C juga bisa terhubung dengan Surat Izin Mengemudi (SIM) pengendaranya. Hal itu dibuat untuk memudahkan pembayaran registrasi ulang kendaraan atau denda tilang tanpa harus datang ke persidangan.

Mengutip sumber yang sama, teknologi itu masih dalam pengembangan dan direncanakan akan diuji pada akhir 2018 mendatang. Pihak peneliti akan melihat masalah yang akan timbul jika plat nomor canggih tersebut diedarkan secara massal. Pihak pemenrintah pun masih bingung mengenai harga teknologi baru tersebut.

 (kpl/crn)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-4-12
detail

BERITA POPULER