HOME » BERITA » CAPAIAN VAKSINASI TINGGI, JOKOWI SETUJU PENONTON MOTOGP MANDALIKA DITAMBAH JADI 100 RIBU

Capaian Vaksinasi Tinggi, Jokowi Setuju Penonton MotoGP Mandalika Ditambah Jadi 100 Ribu

Tingkat vaksinasi Covid-19 di wilayah tempat penyelenggaraan MotoGP Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah tinggi jadi salah satu alasan penambahan penonton

Senin, 17 Januari 2022 17:15 Editor : Ahmad Muzaki
Capaian Vaksinasi Tinggi, Jokowi Setuju Penonton MotoGP Mandalika Ditambah Jadi 100 Ribu
Presiden Joko Widodo (Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)

OTOSIA.COM - Tinggal beberapa hari lagi MotoGP Mandalika 2022 akan digelar, tepatnya pada 20 Maret mendatang. Kabar baiknya, Presiden Jokowi telah menyetujui penambahan penonton yang semula 63.000 menjadi 100.000 orang.

"Terkait dengan tambahan penonton MotoGP sesuai dengan rapat kemarin ini, ada permintaan untuk menambahkan jumlah penonton dari 63.000 menjadi 100.000. Bapak Presiden sudah memberikan persetujuan," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers usai rapat bersama Presiden Jokowi, Minggu 16 Januari 2022.

1 dari 5 Halaman

Menurut dia, tingkat vaksinasi Covid-19 di wilayah tempat penyelenggaraan MotoGP Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah tinggi. Di Lombok Tengah, capaian vaksinasi sudah mencapai 84 persen dan lansia 74 persen.

"Dan ditambahkan target booster di 76.718. Sedangkan di kota Mataram capaiannya dosis pertama sudah lebih dari 100 persen karena masyarakat yang diluar Mataram juga divaksin disana," jelasnya.

"Kemudian lansianya sudah 61 dan akan ditambahkan 158 vaksin booster," sambung Airlangga.

2 dari 5 Halaman

Sebelumnya, Presiden Jokowi memastikan Mandalika, Lombok Tengah, NTB siap menggelar MotoGP pada Maret 2022 mendatang. Dia meminta jajarannya untuk memastikan moda transportasi untuk penonton MotoGP, dari Bandara Internasional Lombok menuju Sirkuit Mandalika.

"Moda transpotasi dari bandara atau dari kupang menuju ke mandalika itu betul-betul terhitung betul kebutuhannya. Sehingga jangan sampe ini kita mengelola 63.000 bukan barang mudah," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas Evaluasi Persiapan Pelaksanaan Mandalika MotoGP di Lombok NTB, Kamis 13 Januari 2022.

3 dari 5 Halaman

Adapun jumlah itu belum dihitung dengan masyarakat setempat yang kemungkinan juga datang untuk menonton MotoGP Mandalika. Jokowi mengingatkan bahwa ada banyak sekali fans atau penggemar ajang MotoGP di Indonesia.

"Sekali lagi, ini MotoGP penggemarnya banyak. Di Indonesia penggemarnya sangat banyak. Bukan banyak, sangat banyak," katanya.

4 dari 5 Halaman

Pembenahan Jalan Rampung Akhir Februari 2022 

Selain itu, Jokowi mengatakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membenahi jalan bypass Bandara Internasional Lombok menuju Sirkuit Mandalika. Mulai dari, penataan jalan, penghijauan kawasan sepanjang jalan, perluasan dan penataaan jalan menuju Mandalika, hingga pelebaran jalan.

Pembenahan tersebut ditargetkan rampung pada akhir Februari 2022. Disamping itu, pemerintah melakukan pelebaran jalan kota tua serta penataan pemukiman masyarakat yang akan dijadikan homestay atau tempat penginapan.

5 dari 5 Halaman

"Homestay maupun warung penjualan souvenir, warung yang berjualan makanan semuanya agar bisa diupgrade sehingga wajah Mandalika ini betul-betul pada saat MotoGP berubah," jelas Jokowi.

Tak hanya itu saja, ia juga meminta agar pembenahan fasilitas pendukung di Sirkuit Mandalika segera dirampungkan, agar tak terlalu mepet dengan gelaran MotoGP. Jokowi juga menyoroti drainase di Sirkuit Mandalika agar betul-betul diperhatikan.

Penulis: Lizsa Egeham

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR