HOME » BERITA » CARA AMAN CUCI SEPEDA MOTOR, GAMPANG BANGET

Cara Aman Cuci Sepeda Motor, Gampang Banget

Cara mencuci sepeda motor sepertinya perlu diperhatikan kembali. Sebab cara mencuci sepeda motor yang salah bisa merusak motor.

Jum'at, 22 Maret 2019 08:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi mencuci sepeda motor (cycleworld.com)

OTOSIA.COM - Pernah merasa cuci motor sendiri terasa tak sebersih saat cuci di tempat cuci motor? Padahal mencuci motor tapi masih meninggalkan kotoran justru terasa sia-sia.

Supaya hasil maksimal, sebenarnya da beberapa trik yang disarankan saat mencuci sepeda motor. Menurut Federal Oil, bagian pertama yang harus dibersihkan adalah rantai, jika sepeda motor jenis bebek atau sport.

Alasannya, agar bodi atau bagian yang sudah bersih, tidak akan terkena kotoran dari rantai, jika bagian ini dibersihkan belakangan. Debu dan oli dari rantai bakal mengotori lagi bodi dan bagian yang sudah dibersihkan.

Kedua, basahi bodi motor terlebih dulu sebelum membasuhnya dengan air sabun. Ini dimaksudkan agar noda yang telah mengering dan keras bisa lebih mudah terangkat.

Ketiga, perhatikan komponen yang sensitif dengan air. Jangan semprot air bertekanan tinggi untuk area mesin, terlebih saat kondisi mesin dalam keadaan panas, karena komponen-komponen yang terbuat dari logam bisa merenggang dan cepat rusak.

Lalu area sensitif air lainnya seperti bawah tangki bahan bakar, dan area lubang filter udara. Jangan sampai menyemprotkan air di aea sensitif, salah-salah motor Anda bisa mogok saat sudah kinclong usai dicuci.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR