HOME » BERITA » CARA AMAN PUTAR BALIK DI JALAN, JANGAN LUPA UCAPKAN TERIMA KASIH

Cara Aman Putar Balik di Jalan, Jangan Lupa Ucapkan Terima Kasih

Tak sedikit pengendara yang masih nakal saat putar balik, meskipun sudah ada rambu larangan putar balik. Pengendara yang baik, harus tau cara putar balik yang aman.

Jum'at, 26 April 2019 12:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi (live.racq.com.au)

OTOSIA.COM - Keberadaan titik putar balik atau u-turn terkadang menjadi biang kerok kemacetan. Sebab banyak kendaraan antre untuk bergantian putar balik.

Tapi sayangnya beberapa pengendara yang tak sabaran memilih untuk putar balik di tempat yang tak seharusnya. Bahkan di tempat yang sudah ada rambu larangan putar balik.

Jika melihat perilaku seperti itu jangan ditiru ya Otolovers. Sebab bisa menimbulkan tambahan kemacetan, atau parahnya kecelakaan.

Maka itu, Otolovers perlu tahu cara putar balik yang aman. Terutama, supaya tak menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Menurut Wahana Honda, pertama Otolovers harus menentukan lokasi untuk putar balik. Agar kamu bisa lebih bersiap saat sudah mendekati lokasiyang kamu tentukan.

Sebelum sampai di lokasi yang akan kamu pakai untuk putar balik, nyalakan lampu sen ke kanan untuk mengambil lajur kanan. Jangan tiba-tiba pindah lajur tanpa pemberitahuan, bisa-bisa kamu tertabrak kendaraan di belakangmu.

Jika sudah, selanjutnya pastikan bahwa titik tersebut adalah titik putar balik yang tepat. Lihat, apakah ada rambu larangan putar balik atau tidak. Jika ternyata dilarang, jangan memaksa putar balik.

Tapi jika diperbolehkan maka bersiaplah untuk putar balik dengan memastikan kondisi jalan mendukung. Otolovers perlu lebih sabar dengan kendaraan lain, karena prinsipnya kendaraan yang melaju lurus lebih diprioritaskan.

Jika di lokasi putar balik ada Supeltas (Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas), yang biasa membantu memutar balik, jangan lupa untuk berterima kasih ya Otolovers.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR