HOME » BERITA » CARA ATASI MASALAH BENSIN TERCAMPUR AIR, JANGAN KEBURU PANIK

Cara Atasi Masalah Bensin Tercampur Air, Jangan Keburu Panik

Saat menemukan bahwa bahan bakar kendaraan tercampur dengan air, jangan dulu beranggapan bahwa hal itu terjadi saat mengisi bensin di SPBU.

Senin, 27 Mei 2019 20:45 Editor : Dini Arining Tyas
ilustrasi pengisian bahan bakar (Car From Japan)

OTOSIA.COM - Saat menemukan bahwa bahan bakar kendaraan tercampur dengan air, jangan dulu beranggapan bahwa hal itu terjadi saat mengisi bensin di SPBU.

Melansir Zing, hal itu bisa saja terjadi secara tidak sengaja saat musmim hujan. Saat nekat menerobos banjir, bisa saja air juga masuk.

Alhasil, mesin bisa saja tiba-tiba mati karena mesin tidak bekerja dengan benar. Bahkan jika air hingga memasuki ruang bakar, bisa menyebabkan hidrodinamik. Efeknya bisa merusak bagian-bagian mesin seperti piston.

Jika mengalami hal tersebut, yang perlu dilakukan pertama adalah melepas karburator. Lalu buang isi cairan bensin yang terkontaminasi.

Bensin memiliki massa yang lebih ringan, maka bensin akan melayang di atas air. Jika terpaksa memakai bensin itu, maka pilahlah. Tapi hal itu tak dianjurkan.

Di pasaran juga sudah ada larutan pembersih bahan bakar yang bisa memisahkan molekul air dan bensin. Saat merasakan ada tanda-tanda kemasukan air, cukup menuangkan larutan ke ruang bakar sekitar 16 ml.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR