HOME » BERITA » CARA BERKENDARA DI JALAN YANG LICIN, ANTI SELIP

Cara Berkendara di Jalan yang Licin, Anti selip

Kamis, 14 Maret 2019 13:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi (visordown.com)

OTOSIA.COM - Musim hujan rupanya masih belum berakhir sepenuhnya. Saat musim hujan begini, jalanan bisa jadi sangat licin. Maka berkendaralah secara hati-hati agar terhindar dari selip.

Perhatikan beberapa hal saat terpaksa berkendara dalam cuaca hujan dan jalanan menjadi licin. Menurut Suzuki Indonesia, pastikan jaga jarak aman dengan pengendara lain.

Minimal, jaga jarakmu 1 meter dari pengendara lain. Hal ini akan membantumu saat melakukan pengereman mendadak. Jalan yang licin dan rem mendadak bukan kombinasi yang baik. Bisa menyebabkan kejadian yang tak diinginkan.

Jangan lupa selalu nyalakan lampu utama. Meskipun sepeda motor keluaran terbaru lampu utamanya sudah otomatis menyala, tapi ada baiknya memeriksa apakah masih menyala atau tidak.

Selain untuk menambah jarak pandang, lampu utama ini bisa memberikan tanda untuk pengendara lain, agar bisa melihat keberadaan kita.

Jika ingin mendahului kendaraan di depan, pastikan kondisinya memungkinkan. Membunyikan klakson sebelum menyalip tak ada salahnya, sebagai tanda meminta jalan.

Saat berbelok, hindari posisi berbelok yang terlalu patah dan berbelok terlalu miring, sebab bisa membuatmu terjatuh akibat kehilangan keseimbangan dan daya cengkeram ban yang kurang saat jalanan basah.

Lalu, jika jalanan terlihat berpasir, tergenang air, atau berkerikil, kurangi kecepatan. Disarankan berkendara pada kecepatan 30 hingga 40 kpj. Hati-hati dengan adanya lubang jalan, Tak sedikit kasus kecelakaan karena memaksakan menerobos genangan air.

Terakhir jangan pakai helm dengan visor yang terlalu gelap, pakailah yang bening. Tapi jika hujan membuat jarak pandangmu sangat terbatas maka berhentilah, jangan memaksakan terus berkendara.

 (kpl/tys)

BERI KOMENTAR