HOME » BERITA » CARA BIKIN AKI MOTOR LEBIH AWET, GAMPANG BRO

Cara Bikin Aki Motor Lebih Awet, Gampang Bro

Cara merawat aki supaya panjang umur, sebenarnya dimulai dari pertama kali membeli.

Sabtu, 09 Maret 2019 11:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi (Suzuki)

OTOSIA.COM - Sebagai penampung dan penyuplai arus listrik untuk kendaraan, peran aki sangat penting. Jika aki bermasalah, siap-siap beberapa komponen kelsitrikan kendaraan tak bisa berfungsi.

Jika aki sudah lemah, biasanya yang dilakukan adalah menambah ulang daya. Itupun kalau kondisi aki masih layak pakai.

Tapi jika memang sudah usang, aki biasa tak memungkinkan untuk diisi ulang dayanya. Satu-satunya pilihan adalah menggantinya dengan aki baru.

Saat membeli aki baru, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan Otolovers nih, supaya aki lebih panjang umur. Menurut laman resmi Suzuki Indonesia, supaya carian elektrolit yang baru dituang bisa meresap ke seluruh bagian dalam aki, tunggulah sampai kurang lebih 20 menit sebelum dipasang ke motor.

Sebab, ada reaksi kimia yang berlangsung sesaat setelah cairan tersebut bertemu komponen di aki. Tujuannya agar cairan elektrolit dengan komponen di dalam aki bisa bekerja dengan sempurna terlebih dahulu. Jadi supaya aki lebih awet saat terpasang.

Jika langsung dipasasng, dikhawatirkan proses tersebut belum berlangsung dengan baik sehingga aki berisiko ceat rusak dan berumur pendek.

Tapi trik ini hanya berlaku untuk pemilik motor dengan aki kering tipe MF (maintainance free) yang memakai cairan. Khususnya untuk beberapa jenis aki yang baru dicampurkan airnya sesaat akan dipasang.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR