HOME » BERITA » CARA DAFTAR MUDIK GRATIS ONLINE DAN OFFLINE TERBARU 2019

Cara Daftar Mudik Gratis Online dan Offline Terbaru 2019

Yuk ikuti mudik gratis 2019 yang telah diselenggarakan instansi pemerintah atau perusahaan-perusahaan di Indonesia. Untuk cara daftar mudik gratis 2019 tentu sangat mudah juga. Lalu, bagaimana cara daftar mudik gratis 2019? Untuk itu simak ulasan berikut ini.

Kamis, 28 Maret 2019 22:30 Editor : Ahmad Muzaki
Ilustrasi kemacetan (CollegeAD)

OTOSIA.COM - Bagi umat Islam dalam satu tahun agenda ibadah yang cukup dinantikan adalah Hari Raya Idul Fitri atau yang biasa disebut dengan lebaran. Pada hari raya ini cukup istimewa, pasalnya ada agenda mudik yang dimanfaatkan untuk berkumpul kembali dengan keluarga besar serta teman-teman lama. Tak heran juga saat Lebaran banyak reuni yang diadakan.

Mudik telah menjadi budaya masyarakat Indonesia sejak dulu. Para perantau berbondong-bondong untuk pulang ke kampung halaman. Moda transportasi yang digunakan juga cukup beragam, baik menggunakan sepeda motor, mobil, atau transportasi umum.

Dikarenakan jalanan yang sangat padat, cenderung bahaya kecelakaan meningkat. Apalagi pemudik yang menggunakan sepeda motor dan kebiasaannya selalu membawa barang bawaan yang banyak, serta penumpang yang lebih dari satu. Ini tentu sudah dihimbau untuk dilakukan para pemudik sepeda motor.

Niat baik mudik jangan sampai terkendala karena kita kurang hati-hati di jalan. Untuk itu banyak instansi pemerintah atau perusahaan besar yang mengadakan mudik gratis. Mudik gratis 2019 yang diadakan menggunakan moda transportasi bus dan kereta. Selain itu mudik gratis 2019 ini dikhususkan untuk para pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Ketika akan memasuki bulan puasa biasanya pendaftaran mudik gratis 2019 sudah dibuka, serta Otolovers sudah bisa melakukan cara daftar mudik gratis 2019. Biasanya Otolovers sudah bisa melakukan cara daftar mudik gratis 2019 3 bulan sebelum lebaran.

Mudik gratis 2019 memang dikhususkan untuk para pemudik sepeda motor. Untuk itu penyedia layanan mudik gratis 2019 juga memberikan layanan pengiriman sepeda motor pemudik ke tempat tujuan.

Nah, adanya mudik gratis 2019 ini memang untuk mengurangi kecelakaan saat mudik yang disebabkan oleh sepeda motor. Sehingga para pemudik sepeda motor seharusnya memang memanfaatkan mudik gratis 2019 ini. Bisa dipastikan juga mengikuti mudik gratis 2019 lebih aman dan nyaman dibandingkan mudik mengendarai sepeda motor.

Yuk ikuti mudik gratis 2019 yang telah diselenggarakan instansi pemerintah atau perusahaan-perusahaan di Indonesia. Untuk cara daftar mudik gratis 2019 tentu sangat mudah juga. Lalu, bagaimana cara daftar mudik gratis 2019? Untuk itu simak ulasan berikut ini.

Rute Mudik Gratis

Dengan cara daftar mudik gratis 2019 sangat mudah, tentu Otolovers sangat dianjurkan untuk ikut mudik gratis 2019 ini terutama para pemudik sepeda motor. Otolovers bisa memilih antara mudik gratis 2019 dengan bus atau kereta api.

Perlu diketahui juga bahwa tujuan perjalanan mudik gratis 2019 cukup luas kok. Sudah menyeluruh ke seluruh penjuru pulau Jawa dan biasanya penyedia jasa mudik gratis 2019 juga mempunyai rute ke pulau Sumatera.

Namun apabila Otolovers memilih menggunakan transportasi bisa untuk mudik gratis 2019 dan menyertakan sepeda motor, rutenya masih cukup terbatas. Terkadang hanya bisa sampai wilayah Jawa Barat sampai Jawa Tengah saja.

Sedangkan jika Otolovers mudik gratis 2019 dengan bus dan tidak menyertakan sepeda motor, maka rute yang bisa dijangkau cukup luas bahkan sampai ke seluruh penjuru Jawa. Ruternya sendiri meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, serta Sumatera. Namun perlu diketahui juga bahwa rute dari mudik gratis 2019 ini tergantung penyedia jasa. Setiap penyelenggara mudik gratis 2019 pasti memiliki rute yang berbeda-beda. Bisa saja mudik gratis 2019 yang diselenggarakan A sampai ke pulau Sulawesi atau Kalimantan, sedangkan penyelenggara B tidak.

Berikut ini rute mudik 2019 untuk transportasi kereta api.

Lintas Utara, meliputi :

Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cikarang/Lemahabang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Ngrombo, Stasiun Cepu, Stasiun Bojonegoro, Stasiun Babat, Stasiun Surabaya Pasarturi.

Lintas Selatan I, meliputi :

Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cikarang/Lemahabang, Stasiun Cimahi, Stasiun Kiaracondong, Stasiun Sidareja, Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Kebumen, Stasiun Kutoarjo.

Lintas Selatan II, meliputi :

Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cikarang/Lemahabang, Stasiun Cirebon Prujakan, Sta Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari, Stasiun Madiun, Stasiun Kertosono, Stasiun Jombang, Stasiun Mojokerto, Stasiun Surabaya Pasarturi.

Selain moda transportasi Bus, terkadang penyelenggara mudik gratis 2019 juga menyediakan pilihan mudik gratis 2019 dengan kereta api. Namun untuk rutenya sendiri cukup terbatas ya Otolovers. Bagaimana Otolovers dengan rute mudik gratis 2019? Sangat sayang bukan jika tidak dimanfaatkan. Otolovers bisa kok mengikuti mudik gratis 2019 dengan cara daftar mudik gratis 2019 terlebih dulu.

Cara Daftar Mudik Gratis dengan Bus

Mudik gratis 2019 segera dimulai. Ini ditandai tentunya dengan dibukanya pendaftarannya. Namun sebenarnya bagaimana cara daftar mudik gratis 2019 ini? Tentunya sangat mudah kok, terkait cara daftar mudik gratis dengan bus sendiri Otolovers bisa melalui web penyelenggara.

Namun terkadang juga penyelenggara hanya menyediakan cara daftar mudik gratis secara konvensional dengan cara datang langsung ke tempat penyelenggara. Untuk mengikuti mudik gratis 2019 Otolovers juga harus mematuhi ketentuan dan persyaratan yang berlaku. Sebelum melakukan cara daftar mudik gratis 2019 pastikan Otolovers sudah memenuhi semua persyaratannya.

Ada beberapa persyaratan yang perlu dipatuhi sebelum melakukan cara daftar mudik gratis 2019 menggunakan transportasi bus. Perlu diketahui juga mudik gratis 2019 hanya dikhususkan untuk pemudik sepeda motor. Persyaratan pertama untuk melakukan cara daftar mudik gratis 2019 adalah harus memiliki SIM C. Nantinya Otolovers akan mendapatkan kode booking sepeda motor, apabila menyertakan sepeda motor untuk dikirim ke tempat tujuan. Namun hanya satu sepeda motor yang bisa didaftarkan.

Setelah melakukan cara daftar mudik gratis 2019 tersebut Otolovers akan mendapat jatah 4 kursi dan maksimal 2 orang dewasa yang didaftarkan. Perlu dicermati juga, apabila Otolovers melakukan cara daftar mudik gratis 2019 secara online, akan ada batas waktu registrasi ulang. Selanjutnya diwajibkan untuk menuju ke penyelenggara mudik gratis.

Terkait motor yang diikutsertakan tadi, motor tersebut akan diberangkatkan satu hari sebelum Otolovers berangkat mudik gratis 2019. Jadi pastikan motor tersebut sudah diserahkan ke penyelenggara sebelum jadwal keberangkatan. Satu lagi, jangan lupa bawa helm dan helm ini tidak bisa disertakan dengan pengiriman motor. Jadi harus dibawa sendiri.

Untuk persyaratan yang harus dilampirkan saat melakukan cara daftar mudik gratis 2019 di antaranya adalah KTP, KK, SIM C, dan STNK. Dengan kemudahan terkait cara daftar mudik gratis 2019, serta jaminan aman dan nyaman tentu sangat disayangkan jika Otolovers tak memanfaatkannya.

Namun perlu diketahui juga, persyaratan dan cara daftar mudik gratis 2019 setiap penyelenggara bisa berbeda-beda. Cara daftar mudik 2019 dengan bus yang telah dijelaskan merupakan ketentuan umum yang biasanya diberlakukan.

Cara Mudik Gratis dengan Kereta Api

Selain transportasi bus, kereta api juga menjadi andalan dalam mudik gratis 2019. Selain nyaman dan aman, transportasi ini terhindari dari kemacetan. Waktu tempuhnya pun bisa diprediksi. Untuk itu Otolovers juga bisa menggunakan kereta api jika memang ada pengelenggara yang menawarkannya.

Untuk cara daftar mudik gratis 2019 naik kereta api kurang lebih sama dengan cara daftar mudik gratis 2019 dengan bus. Jika Otolovers melakukan cara daftar mudik gratis 2019 secara online, nantinya akan diwajibkan datang langsung ke tempat penyelenggara untuk melakukan registrasi ulang.

Apabila menyertakan sepeda motor, tata cara daftar mudik gratis 2019 kurang lebih sama juga dengan cara daftar mudik gratis 2019 dengan bus.

Namun perlu diketahui juga biasanya mudik gratis 2019 dengan kereta api diselenggarakan oleh dinas perhubungan. Untuk penyelenggara lain kebanyakan akan menggunakan transportasi bus. Sedangkan untuk persyaratan untuk melakukan cara daftar mudik gratis yaitu menunjukkan beberapa berkas, di antaranya adalah KTP dan KK, lalu STNK, dan SIM C untuk penyertaan sepeda motor.

Mudik gratis 2019 dengan kereta api bisa Otolovers ikuti jika tiket KA yang disediakan masih ada. Bulan Puasa segera tiba, segera saja kunjungi laman resmi dishub dan daftarkan diri Otolovers untuk mengikuti mudik gratis 2019. Karena biasanya mudik gratis 2019 diselenggarakan oleh dishub yang bekerjasama dengan PT KAI.

Mudik gratis 2019 bisa Otolovers ikuti kalau kuota masih tersedia, jika tidak relakan mudik gratis 2019 yang ada. Atau tidak cari penyelenggara lainnya, biasanya jelang mudik cukup banyak penyelenggara yang mengadakan mudik gratis 2019 baik dari instansi pemerintah hingga perusahaan.

Video Mudik Gratis

Mudik gratis selalu menjadi hal istimewa bagi pemudik. Namun jangan sampai terlalu antusias yang membuat diri sendiri dan orang lain rugi. Tetap taati ketentuan yang ada dan pastinya budayakan antri. Jangan sampai Otolovers mengalami hal seperti di video ini ketika akan berangkat mudik.

(kpl/ahm)

BERI KOMENTAR