HOME » BERITA » CARA DAN SYARAT MENDAPATKAN SIM GRATIS PER 1 JULI 2020

Cara dan Syarat Mendapatkan SIM Gratis Per 1 Juli 2020

Catat, begini cara dan syarat untuk dapat manfaatkan layanan SIM Gratis pada 1 Juli 2020

Rabu, 01 Juli 2020 09:00 Editor : Ahmad Muzaki
Cara dan Syarat Mendapatkan SIM Gratis Per 1 Juli 2020
Ilustrasi SIM | Via: liputan6.com

OTOSIA.COM - Bagi Otolovers yang lahir pada tanggal 1 Juli bisa dapatkan layanan SIM Gratis lho. Bukan hanya itu saja, bisa dapat juga hadiah berupa handphone dan sepeda. Program dan doorprize tersebut diberikan untuk merayakan HUT ke-74 Bhayangkara.

Melansir Liputan6.com, sebanyak 4.308 warga yang lahir tanggal 1 Juli akan mengikuti program Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis pada Rabu 1 Juli 2020. Kebijakan SIM gratis ini tertuang dalam Surat Telegram Rahasia (TR) Kapolri Jenderal Idham Azis bernomor ST/1671/VI/YAN.1.1./2020 tanggal 12 Juni 2020 yang ditandatangani oleh Kakorlantas Irjen Pol Istiono.

Dalam telegram itu disebutkan pelayanan penerbitan SIM di Satpas setiap wilayah di seluruh Indonesia diminta untuk memberikan pelayanan khusus dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74. Dalam pembuatan SIM gratis, masyarakat tidak akan dikenai biaya pembuatan SIM atau Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

"Pemberian pelayanan bebas biaya pembuatan SIM ini hanya untuk warga yang lahir di tanggal 1 Juli atau bertepatan dengan Hari Bhayangkara," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono ketika dikonfirmasi, Selasa 30 Juni 2020.

1 dari 4 Halaman

SIM A dan C

SIM polsek thumbnail

Layanan SIM gratis ini hanya untuk SIM A dan SIM C. Syaratnya membawa e-KTP asli dan fotokopi, lulus tes kesehatan, lulus ujian teori dan praktik, serta membawa SIM asli untuk proses perpanjangan. Hal ini disampaikan Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Pol Yusuf.

"Sampai saat ini jumlah warga yang sudah mendaftar program SIM gratis ini sebanyak 4.308 orang di seluruh Indonesia," kata Yusuf.

2 dari 4 Halaman

Doorprize

ilustrasi kado/Photo by Ekaterina Shevchenko on Unsplash

Menariknya, bukan hanya layanan SIM Gratis yang ditawarkan, ada juga doorprize seperti yang dilakukan Polres Kobar, Kalimantan Tengah. Satuan Lalu Lintas Polres Kobar menyiapkan doorprize menarik berupa dua unit handphone bagi pendaftar SIM gratis.

"Untuk masyarakat yang telah mendaftar dan mengikuti program layanan SIM Gratis dan telah memenuhi syarat akan kami berikan doorprize berupa handphone, bagi pendaftar yang beruntung," kata Kasatlantas Polres Kobar AKP Marsono.

3 dari 4 Halaman

Souvenir

Gantungan kunci yang terbuat dari daur ulang kantong semen (Liputan6.com/Komarudin)

Polres Pandeglang, Banten juga menyiapkan undian berhadiah menarik berupa sepeda. Jika beruntung, pemohon SIM yang sudah terdaftar mendapatkan souvenir menarik.

"Mereka langsung mengambil kertas undian di tempat yang sudah kami sediakan, jadi setelah membuat SIM baru mereka langsung mengambil kertas tadi. Jika kurang beruntung tetap mendapatkan souvenir," kata Kasatlantas Polres Pandeglang Iptu Riska Tri Arditia.

4 dari 4 Halaman

Tertib Lalu Lintas

Suasana salah satu ruas jalan di kawasan Mampang, Jakarta yang macet pada Senin (29/6/2020). Semakin tingginya mobilitas warga selama masa transisi PSBB menyebabkan jalan-jalan protokol Ibu Kota kembali dihiasi kemacetan parah setiap pagi dan sore hari. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Diharapkan dengan adanya layanan SIM gratis dan beragam doorprize tersebut bisa menarik minat masyarakat untuk patuh terhadap aturan lalu lintas. Hal ini disampaikan Kasatlantas Polres Kobar AKP Marsono.

"Ayok tertib berlalu lintas dimulai dengan melengkapi surat-menyurat kendaraan dan pengguna," ujarnya.

BERI KOMENTAR