HOME » BERITA » CARA HONDA BIKIN ANAK STM JADI PINTAR NGOPREK MOTOR

Cara Honda Bikin Anak STM Jadi Pintar Ngoprek Motor

Kompetisi dengan nama lain Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2019 bertujuan untuk menguji keterampilan siswa serta para guru SMK mitra binaan PT Astra Honda Motor

Kamis, 17 Oktober 2019 21:15 Editor : Ahmad Muzaki
Cara Honda Bikin Anak STM Jadi Pintar Ngoprek Motor
Siswa SMK yang sedang servis motor Honda (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Siswa-siswa Sekolah Menengah Kejuaran (SMK) atau lebih populer disebut anak STM bukan cuma unjuk gigi saat demo ke DPR, tapi juga memperlihatkan bakat dan kemampuannya dalam merawat sepeda motor.

Hal ini setidaknya dapat dilihat pada Kontes Keterampilan Teknik SMK Tingkat Nasional yang berlangsung di Astra Honda Training Center Sunter, Jakarta Utara, Rabu (15/10).

Kompetisi dengan nama lain Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2019 bertujuan untuk menguji keterampilan siswa serta para guru SMK mitra binaan PT Astra Honda Motor. Peserta berasal dari SMK-SMK yang telah mengimplementasikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di seluruh Tanah Air.

"Dari 680 SMK binaan, kami menseleksi 23.371 siswa dan 422 guru. Kompetisinya sendiri sudah dimulai di sekolah masing-masing, lalu di tingkat regional oleh dealer-dealer, setelah itu baru tingkat nasional," ujar Ahmad Muhibbuddin, General Manager Corporate Communication AHM.

1 dari 2 Halaman

Tahap Penilaian

Cara Honda Bikin Anak STM Jadi Pintar Ngoprek MotorTahap Penilaian

Tahap penilaian pada kontes ini terdiri dari tahap pengujian secara tertulis dan praktik. Pada ujian tertulis, peserta diuji pengetahuan terkait teknologi teranyar sepeda motor Honda.

Selain itu, para peserta juga diuji secara praktik untuk keterampilan dalam menganalisa teknik permasalahan terkait mesin, rangka, kelistrikan, serta trouble shooting sepeda motor Honda.

Khusus untuk kompetisi yang diikuti oleh guru, ada materi uji kompetensi peda gogik yang menjadi salah satu materi penilaian saat kompetisi.

?Kami sengaja memperluas kompetisi sampai ke tingkat guru. Selama ini kita hanya menguji siswanya, kemudian kita juga menguji kemampuan guru, karen kami memberikan materi-materi ke sekolah-sekolah binaan. Jadi kami melihat bagaimana guru mendeliver materi kurikulum teknik sepeda motor yang kami distribusikan,? ujarnya.

2 dari 2 Halaman

Hadiah yang Diperebutkan

Cara Honda Bikin Anak STM Jadi Pintar Ngoprek MotorHadiah yang Diperebutkan

Tiga terbaik dari kategori siswa yang keluar sebagai pemenang kontes 10th Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2019 akan mendapatkan beasiswa pendidikan. Siswa terbaik pertama, akan mendapatkan Beasiswa Prestasi Astra untuk kuliah di Politeknik Manufaktur Astra dengan fasilitas bebas uang kuliah dan tambahan subsidi biaya hidup selama 3 tahun serta beasiswa pendidikan senilai Rp8 juta.

Siswa terbaik kedua dan ketiga masing-masing akan mendapatkan beasiswa pendidikan senilai Rp5 juta dan Rp3 juta.

Para finalis kontes juga mendapat apresiasi beasiswa pendidikan senilai Rp1 juta.

Sementara itu, untuk kategori guru, peserta terbaik pertama AHM menyiapkan apresiasi hadiah uang tunai senilai Rp8 juta. Guru terbaik kedua dan ketiga akan mendapatkan apresiasi masing-masing senilai Rp5 juta, dan Rp3 juta.

Untuk SMK yang berhasil mengantarkan siswanya meraih prestasi terbaik pada kompetisi ini, AHM menghadiahi Honda PCX CBS untuk juara 1, Honda CB150R untuk juara 2, serta Honda Vario150 untuk juara 3.

BERI KOMENTAR