HOME » BERITA » CARA LIBAS TANJAKAN DAN TURUNAN PAKAI SEPEDA MOTOR KOPLING UNTUK PEMULA

Cara Libas Tanjakan dan Turunan Pakai Sepeda Motor Kopling untuk Pemula

Cara mengendarai sepeda motor kopling seperti gampang-gampang susah. Tapi jika tahu cara mengendarai sepeda motor kopling dengan tepat, bisa saja tak susah lagi.

Selasa, 26 Maret 2019 20:00 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi (ridinginthezone.com)

OTOSIA.COM - Sepeda motor yang dilengkapi dengan kopling, dianggap lebih keren bagi para pecintanya. Tapi untuk mengendarainya tak semudah sepeda motor bebek biasa.

Sebab, pengendaranya harus mampu menyesuaikan tuas kopling dan gas. Bagi pengendara pemula, tak jarang motor yang dikendarai justru mati secara tiba-tiba. Selain itu, pengendara juga harus tau bagaimana menyikapi motor kopling di tanjaka maupun turunan.

Seperti dilansir dari Wahana Honda, ini hal yang harus diperhatikan saat berkendara di tanjakan dan turunan memakai sepeda motor kopling.

1. Belajar dengan Pengendara Berpengalaman

Untuk mempelajari cara mengendarai motor kopling, pengendara harus diawasi seseorang yang berpengalaman. coba ikuti panduan yang diberikan.

Cara mengendarai motor kopling sendiri sebenarnya sangat mudah. Otolovers hanya harus membiasakan tangan kiri utnuk melepas kopling di saat yang benar. Tak lupa latih intuisi dan feeling-mu, agar tak kesulitan mengendarai motor dengan transmisi manual manapun.

2. Jangan Takut Latihan di Tanjakan

Setelah lancar melaju di jalanan yang datar, saatnya Otolovers melaju di tanjakan. Jaga kecepatan agar tidak turun, modal awal menaiki tanjakan adalah kecepatan yang stabil dan cenderung semakin tinggi.

Pastikan posisi persneling di posisi 3. Jangan masukkan gigi lebih dari 3 karena persneling yang besar tidak akan kuat mendorong motor di jalan menananjak.

Ketika kecepatan melambat seiring menanjaknya motor, turunkan persneling ke gigi 2. Motor akan sedikit meraung karena gigi ini membuat motor mendapatkan daya dorong lebih ooptimal. Jika masih dirasa tidak kuat untuk menanjak, segera oper ke gigi 1. Ingat, pastikan di gigi 1 jangan sampai kamu salah oper ke gigi netral.

3. Jangan Menaikkan Gigi Persneling Saat Menanjak

Ada beberapa larangan saat mengendarai motor kopling di tanjakan. Walaupun dalam kecepatan tinggi, hal itu tak dianjurkan untuk dilakukan. Karena motor bisa saja kehilangan daya dorong, sehingga pengendara panik dan motor mati di tengah perjalanan.

4. Melewati Turunan

Walaupun awalnya sulit, Otolovers harus tahu bagaimana cara mengendarai motor kopling di jalan menurun. Waspada akan adanya jalan lain dan potensi keluar masuknya kendaraan dari samping. Gunakan engine brake untuk membantu pengereman. Gunakan gigi 3 untuk kenyamanan dalam turunan.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR