HOME » BERITA » CARA MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN SECARA ONLINE

Cara Membayar Pajak Kendaraan Secara Online

Cara membayar pajak kendaraan secara online bisa dilakukan melalui dua cara, pertama e-Samsat dan Samsat Online Nasional. Nah, begini cara membayar pajak kendaraan secara online tersebut.

Senin, 08 April 2019 11:45 Editor : Ahmad Muzaki
Proses pembayaran pajak kendaraan (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Dengan bertumbuhnya dunia otomotif Indonesia tentunya membuat pendapatan Negara semakin besar pula. Bukan hanya dari sektor penyerapan tenaga kerja saja, tetapi juga dari sektor pajak.

Sebagai warga negara yang baik membayar pajak secara rutin dan tepat waktu harus dilakukan. Hal ini sendiri merupakan sebuah kewajiban lho Otolovers. Namun terkadang banyak pemilik kendaraan yang masih malas untuk membayar pajak kendaraannya. Tentunya banyak faktor yang mempengaruhi, seperti proses bayar pajak yang dinilai cukup rumit dan menyita waktu.

Ingat ya Otolovers jika telat bayar pajak kendaraan pasti ada denda yang akan dikenakan. Dan diingat juga untuk tidak menunggak pembayaran pajak kendaraan melebihi 2 tahun. Jika hal ini terjadi maka STNK dan BPKB kendaraan tersebut akan dihapus, bisa dibilang kendaraan tersebut sudah mati. Sudah tahukan resikonya apa ketika digunakan berkendara di jalan raya?

Jadi jangan malas-malas bayar pajak Otolovers. Pendapatan negara dari pajak ini sendiri pada dasarnya juga untuk kepentingan negara, seperti pembangunan infrastruktur dan lain sebagainya. Selain itu tidak bayar pajak juga cukup disayangkan, pasalnya pemerintah sendiri sudah membuka layanan pembayaran secara online yang cukup mudah prosesnya.

Cara membayar pajak kendaraan secara online bisa dilakukan melalui dua cara, pertama e-Samsat dan Samsat Online Nasional. Nah, begini cara membayar pajak kendaraan secara online tersebut.

Syarat Bayar Pajak Kendaraan Secara Online

Cara membayar pajak secara online bisa dilakukan dengan mudah. Pemerintah sudah memberikan layanan yang memang bertujuan untuk memudahkan masyarakat. Cara membayar pajak kendaraan secara online pada dasarnya adalah sebuah kebutuhan saat ini. Perkembangan teknologi yang pesat membuat pemerintah mau tidak mau harus memberikan layanan tersebut.

Namun untuk melakukan cara membayar pajak kendaraan secara online ada beberapa syarat yang harus ditaati. Syarat-syarat yang ada menjadi bisa tidaknya nanti Otolovers melakukan cara membayar pajak kendaraan secara online. Lalu seperti apa syarat dari cara membayar pajak kendaraan secara online?

Pertama adalah kendaraan harus dalam keadaan pengesahan STNK penuh selama 1 tahun. Syarat lainnya adalah kendaraan tidak dalam keadaan ganti STNK. Selain dua syarat tadi, kendaraan juga harus dilengkapi dengan beberapa dokumen seperti BPKB, STNK, dan KTP pemilik asli.

Terkait pembayaran pajak sendiri kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya secara online sedang tidak terlambat bayar pajak lebih dari satu tahun. Kendaraan tersebut juga tidak sedang dalam masa tersangkut kasus kriminal, pelanggaran lalu lintas, lapor jual, atau dalam keadaan hilang dan rusak.

Ketentuan Cara Membayar Pajak Kendaraan Secara Online

Sebelum melakukan cara membayar pajak kendaraan secara online, selain mengetahui syarat tentunya juga harus mengetahui ketentuannya. Sebenarnya ketentuan ini merupakan syarat tambahan untuk bisa melakukan cara membayar pajak kendaraan secara online.

Untuk ketentuan pertama adalah kendaraan yang dibayarkan harus memiliki data kepemilikan yang sama dengan data di server Samsat daerah setempat. Selain itu kendaraan tidak berada di status blokir, baik data kendaraan atau data kepemilikan.

Karena ini merupakan pembayaran online, maka Otolovers harus memiliki nomer telepon aktif yang bisa dihubungi. Selain nomer telepon aktif, Otolovers juga diwajibkan memiliki nomor rekening tabungan dari bank yang ditunjuk. Memiliki nomor rekening tabungan ini sangat penting karena nantinya Otolovers melalukan cara membayar pajak kendaraan secara online melalui transfer bank.

Selain ketentuan-ketentuan tadi masih ada beberapa ketentuan lainnya, di antaranya adalah kendaraan dan NIK pemilik sama dengan yang terdaftar di server. Apabila tidak sama maka tidak bisa melakukan cara membayar pajak kendaraan secara online. Pembayaran secara online ini hanya untuk pembayaran daftar ulang satu tahun.

Cara membayar pajak kendaraan secara online ini tidak berlaku untuk pembayaran pajak yang bersamaan dengan ganti STNK. Pajak yang bisa dibayarkan adalah kurang dari 6 bulan jatuh tempo. Sedangkan untuk yang terakhir adalah dalam cara membayar pajak kendaraan secara online wajib pajak merupakan perseorangan.

Sekadar informasi juga cara membayar pajak kendaraan secara online terkait ketentuan di atas merupakan ketentuan dalam membayar di e-Samsat.

Cara Membayar Pajak Kendaraan Secara Online Lewat e-Samsat

Kurang lebih ada 5 tahapan untuk bisa melakukan cara membayar pajak kendaraan secara online melalui e-Samsat. Karena secara online pastikan Otolovers memiliki koneksi internet yang cukup stabil.

Yang jelas untuk tahap pertama adalah membuka situs dari e-Samsat. Biasanya setiap provinsi sudah memiliki e-Samsat sendiri. Namun perlu diketahui juga jika Otolovers berada di provinsi Jawa Timur, maka pembayaran pajak yang bisa dilakukan hanya untuk pelat nomor Jawa Timur saja. Layanan ini masih belum bisa untuk pembayaran antarprovinsi.

Setelah membuka situs dari e-Samsat tersebut isi data kendaraan Otolovers. Data tersebut di antaranya adalah terkait kota, samsat, nopol, kode captcha. Setelah selesai diisi semua, klik €œCari€. Sebelumnya pastikan data yang dimasukkan sudah benar, kemudian akan tampil halaman baru dengan data kendaraan beserta pajak yang harus dibayarkan.

Kemudian untuk langkah selanjutnya adalah memilih kota tempat pengambilan Nota Pajak. Namun sebelumnya Otolovers harus melakukan cara membayar pajak kendaraan secara online melalui bank yang sudah menjadi rekanan. Akan tetapi Otolovers harus terlebih dahulu mengisi form. Form ini sendiri nantinya digunakan untuk mengambil Nota Pajak yang harus diserahkan ke Samsat kota.

Otolovers harus mengisi beberapa data, seperti kota, samsat, bank, dan layanan bank. Terkait bank dan layanan bank sendiri Otolovers harus menentukan mau melakukan cara membayar pajak kendaraan secara online melalui bank apa, kemudian pakai layanan apa, seperti atm, internet banking, atau mobile banking.

Setelah mengisi beberapa data tersebut klik €œKode Bayar€. Ini sebagai pengajuan kode bayar untuk melakukan cara membayar pajak kendaraan secara online. Apabila kode bayar sudah muncul, klik print.

Apabila Otolovers sudah selesai di tahap ini, maka akan muncul kode bayar, jumlah uang yang harus dibayarkan, serta alamat Samsat untuk mengambil Nota Pajak.

Setelah melalui tahap tadi Otolovers harus segera melakukan cara membayar pajak kendaraan secara online melalui layanan bank yang dipilih. Jangan lupa juga untuk memasukkan kode bayar yang sudah diterima. Setelah selesai melakukan pembayaran, jangan lupa juga untuk prin out bukti pembayaran. Ini penting karena print out tersebut yang ditukarkan dengan Nota Pajak kendaraan.

Kemudian segera ke Samsat dan tukarkan bukti pembayaran tadi. Dan jangan lupa untuk membawa identitas pribadi dan dokumen kendaraan. Proses cara membayar pajak kendaraan secara online melalui e-Samsat sudah selesai.

Cara Membayar Pajak Kendaraan Secara Online Lewat Samsat Online Nasional

Indonesia secara resmi sudah memiliki Samsat Online Nasional. Hal ini lantaran sudah ditandatanganinya nota kesepahaman bersama dan perjanjian kerjasama (PKS) antara Korlantas Polri dengan

Kemendagri, PT Jasa Raharja, Gubernur maupun walikota seluruh wilayah Indonesia dan seluruh Direksi perbankan, Bank Pemerintah, Bank Daerah, Bank Swasta, juga Bank Nasional, serta PT Pos Indonesia.

Ini tentu sangat memudahkan masyarakat dalam melakukan cara membayar pajak kendaraan secara online. Selain itu cara membayar pajak kendaraan secara online melalui Samsat Online Nasional terbilang mudah. Perlu diketahui juga Samsat Online Nasional ini berbasis aplikasi.

Untuk itu sebelum melakukan cara membayar pajak kendaraan secara online download dulu aplikasi dari Samsat Online Nasional. Untuk pengguna android bisa diunduh di Google Play Store.

Setelah Otolovers mengunduh aplikasi Samsat Online Nasional tersebut, segera buka aplikasinya dan nanti akan tampil beranda depan dari aplikasi tersebut. Untuk melakukan cara membayar pajak kendaraan secara online klik €œPendaftaran€.

Setelah itu akan muncul €œPerhatian€ yang harus Otolovers setujui untuk melanjutkan cara membayar pajak kendaraan secara online.

Kemudian Otolovers diharuskan mengisi data kendaraan dan data pribadi, seperti No. Polisi, NIK KTP, No. Rangka kendaraan, nomer ponsel, serta e-mail. Jika sudah terisi semua klik €œLanjutkan€ yang ada di bawah layar.

Kemudian akan tampil data kendaraan, total uang yang harus dibayarkan, serta kode bayar. Jika informasi dari data kendaraan tersebut sudah dirasa benar klik €œSetuju€. Cara membayar pajak kendaraan secara online melalui Samsat Online Nasional adalah melakukan pembayaran melalui bank yang sudah menjadi rekanan menggunakan kode bayar yang sudah ada.

Perlu diketahui juga kode bayar tersebut hanya berlaku selama 2 jam untuk melakukan proses pembayaran. Setelah melakukan pembayaran tersebut, SKPD nantinya akan dikirim ke alamat yang tertera di STNK.

Kemudian segera datang ke Samsat terdekat untuk melakukan pengesahan STNK kendaraan. Proses cara membayar pajak kendaraan secara online melalui Samsat Online Nasional selesai dan cukup mudah bukan?

Pajak Kendaraan

Pajak kendaraan harus dibayar secara rutin dan tepat waktu. Jika tidak ternyata tidak hanya denda saja yang diperoleh nantinya, ternyata telat bayar pajak serta menunggaknya terancam STNK dan BPKB dihapus.

(kpl/ahm)

BERI KOMENTAR