HOME » BERITA » CARA MENGECEK KONDISI MOBIL BEKAS SEBELUM MEMBELINYA

Cara Mengecek Kondisi Mobil Bekas Sebelum Membelinya

Begini cara mudah mengecek kondisi mobil bekas sebelum membelinya. Simak selengkapnya!

Selasa, 26 April 2022 13:30 Editor : Ahmad Muzaki
Cara Mengecek Kondisi Mobil Bekas Sebelum Membelinya
Ilustrasi mobil bekas (Istimewa)

OTOSIA.COM - Ketika Otolovers ingin membeli mobil bekas ada baiknya jika mengecek kondisinya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kerusakan pada mobil tersebut. Kalian perlu memperhatikan beberapa detail agar mendapatkan yang sesuai dengan harapan.

Pengecekan ini sebaiknya dilakukan secara berulang kali untuk melihat bagian-bagian kecil yang memiliki fungsi vital. Dikutip dari beberapa sumber, berikut adalah cara mengecek mobil bekas.

1 dari 5 Halaman

Periksa Eksterior

Bagian pertama yang harus Otolovers periksa adalah bagian eksterior mobil. Otolovers harus dengan cermat saat memperhatikan sisi ini, karena bagian tersebut paling rawan terkena goresan atau benturan. Pastikan tidak ada bekas perbaikan atau kualitas cat yang tak merata. Sehingga semua komponen bodi masih lengkap.

2 dari 5 Halaman

Periksa Mesin

Tidak kalah penting dengan bodi eksterior, sektor lain yang harus dilihat dengan detail adalah kondisi mesin, transmisi dan suspensi. Komponen tersebut merupakan komponen penting di dalam sebuah mobil. Untuk mengecek bagian ini, sebaiknya Otolovers mengajak mekanik atau orang yang memang sudah paham dengan mesin. 

3 dari 5 Halaman

Cek fitur dan Interior Mobil

Jika telah mengecek kedua bagian di atas, sekarang Otolovers disarankan beralih pada interior,  pastikan dengan baik komponen dalam interior masih berjalan dengan normal dan mulus. Selain itu juga pastikan sabuk pengaman masih kencang agar tetap dapat berfungsi normal.

Pengecekan ini dapat dilakukan dengan mengaktifkan fitur tersebut, seperti fitur hiburan dan audio hingga pendingin ruangan atau AC. Cek pula bagian panel instrumen di dashboard ketikacmesin dinyalakan. 

4 dari 5 Halaman

Cek Buku Catatan Servis

Otolovers juga dapat mengecek kondisi mobil melewati catatan servis. Pastikan jika pemilik sebelumnya sering melakukan servis secara berkala,karena semua kegiatan servis dapat dilihat melewati catatan tersebut. 

5 dari 5 Halaman

Test Drive

Saat Otolovers telah melewati beberapa tahapan pengecekan di atas, langkah terakhir adalah dengan melakukan test drive. Tahap ini sebaiknya dilakukan di beberapa medan dan keadaan yang berbeda, seperti kondisi jalan dan kecepatan, sehingga bisa mengetahui kondisi mobil sebenarnya.

Demikian, cara mengecek mobil bekas yang dapat Otolovers lakukan saat membeli mobil bekas. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Otolovers. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

BERI KOMENTAR