HOME » BERITA » CARA MERAWAT MESIN DIESEL, MUDAH DILAKUKAN BAGI PEMULA

Cara Merawat Mesin Diesel, Mudah Dilakukan Bagi Pemula

Tentu saja, sama seperti komponen dapur pacu lainnya, mesin diesel juga akan rusak bila jarang dirawat.

Minggu, 06 September 2020 19:15 Editor : Nurrohman Sidiq
Cara Merawat Mesin Diesel, Mudah Dilakukan Bagi Pemula
Ilustrasi KD Engine Toyota (Wikipedia)

OTOSIA.COM - Mobil dengan mesin diesel menawarkan banyak hal, termasuk power besar dan juga perawatan yang relatif gampang. Akan tetapi, bukan berarti mesin diesel anti rusak.

Tentu saja, sama seperti komponen dapur pacu lainnya, mesin diesel juga akan rusak bila jarang dirawat. Terlebih lagi dengan segudang teknologi terkini, mesin diesel yang rusak rawan menguras isi dompet karena harganya yang relatif mahal.

Nah, apa saja sih yang perlu dilakukan untuk merawat mesin diesel, terutama bagi pemula? Berikut tips singkatnya seperti dikutip dari situs resmi Garda Oto, Jumat (4/9/2020).

1 dari 4 Halaman

1. Memanaskan Mesin Mobil

 

Berbeda dengan mobil dengan bensin, mobil diesel tidak memiliki komponen busi. Oleh sebab itu, mobil diesel memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencapai suhu dan tekanan yang tepat agar mesin bisa bekerja dengan optimal.

 

Untuk itulah, sebelum digunakan mobil diesel sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu selama empat hingga lima menit. Meskipun kini telah ada teknologi terbaru yang canggih, memanaskan mobil sebelum dipakai tidak pernah memberikan kerugian.

 

2 dari 4 Halaman

2. Rutin Mengganti Oli

 

Setiap mobil entah apa pun jenisnya pasti perlu mengganti oli secara berkala. Hal ini juga berlaku pada mobil diesel. Penggantian oli mobil secara berkala dapat membantu mesin agar tetap awet.

Selain mengganti oli secara berkala, kualitas oli pun perlu diperhatikan. Jangan tergoda dengan oli yang berembel-embel murah. Pilihlah oli yang berkualitas dan sesuai dengan mesin mobil.

 

 

3 dari 4 Halaman

3. Menggunakan Bahan Bakar yang Sesuai

 

Untuk menjaga agar mesin tidak cepat rusak, mobil harus diisi dengan bahan bakar yang sesuai. Mobil dengan mesin diesel sendiri membutuhkan solar sebagai bahan bakarnya.

Hanya saja, dikarenakan teknologi mesin diesel yang telah meningkat, solar yang dibutuhkan pun juga harus solar dengan kualitas yang tinggi.

Alangkah lebih baik, jika pengguna mobil diesel mengisi bahan bakar sesuai dengan rekomendasi pabrik mobil. Dengan begitu, mesin mobil pun terjaga.

 

 

4 dari 4 Halaman

4. Water Sedimenter

 

Bahan bakar solar biasanya mengandung sedikit air, oleh karena itu setiap mobil diesel memiliki filter bahan bakar untuk memisahkan air dan bahan bakar. Filter ini harus diganti secara berkala agar mesin tidak rusak.

 

Pada mobil diesel modern sendiri, terdapat sebuah alat yang disebut water sedimenter. Alat ini membantu mengidentifikasi berapa kandungan air dalam pada bahan bakar.

Jika indikator telah menyala, maka pengguna mobil harus membuang air pada water sedmineter karena telah mencapai angka maksimal.

BERI KOMENTAR