HOME » BERITA » CARA MUDAH ATASI AKI MOBIL DAN MOTOR YANG BERJAMUR

Cara Mudah Atasi Aki Mobil dan Motor yang Berjamur

Aki tipe basah kerap kali berjamur lantaran terdapat cairan. Maka itu perlu dirawat agar tak mudah rusak.

Kamis, 12 November 2020 13:15 Editor : Dini Arining Tyas
Cara Mudah Atasi Aki Mobil dan Motor yang Berjamur
Merawat aki (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Aki basah masih dipakai oleh beberapa kendaraan bermotor. Aki tipe basah ini mudah dihinggapi kerak jamur berwarna putih, karena memiliki cairan.

Selain tak enak dipandang, jamur yang muncul juga bisa memengaruhi aliran listrik meski tak membuat komponen ini menjadi rusak.

Karena itu, pemilik kendaraan sebaiknya mengetahui beberapa penyebab kerak jamur putih ini muncul dan cara mengatasinya seperti dilansir Federal Oil, Rabu (11/11/2020).

1 dari 2 Halaman

Kerak jamur berwarna putih biasanya terdapat di kepala aki basah, terutama pada bagian plus. Ini disebabkan oleh adanya oksidasi air aki yang mengandung asam sulfat H2SO4.

Asam Sulfat H2SO4 adalah cairan elektrolit kuat yang bisa menyimpan dan menghantarkan arus listrik. Akibat pemakaian arus listrik secara terus menerus aki akan menjadi panas.

Panas air aki menjadi menguap dan memunculkan jamur kerak putih dan menempel di terminal kepala aki.

2 dari 2 Halaman

Cara Membersihkan

Jika sudah muncul kerak jamur sebaiknya segera dibersihkan karena arus yang dialirkan dari aki ke terminal kepala aki menuju kabel bisa terhambat.

Untuk membersihkannya, pemilik kendaraan cukup menyiapkan sikat gigi yang sudah tak terpakai dan mengosok kerak jamur hingga kepala aki bersih kembali.

Ingat, saat membersihkan jamur, pemilik kendaraan tak perlu menggunakan cairan apapun untuk membersihkannya, termasuk air.

Penulis: Dian Tami Kosasih

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR