HOME » BERITA » CARA MUDAH DAN MURAH RAWAT SETIR MOBIL

Cara Mudah dan Murah Rawat Setir Mobil

Rabu, 11 Juli 2018 20:45

Cara Mudah dan Murah Rawat Setir Mobil
Foto: Hafid
Editor : Cornelius Candra | Reporter : Muhammad Hafid Asisi

Otosia.com - Sebagai komponen yang paling sering berinteraksi dengan pengendara, roda kemudi mungkin sering terlupakan dalam hal perawatan. Ya, seiring waktu komponen ini bisa mengalami kerusakan sehingga berdampak pada kenyamanan berkendara. Selain itu, kondisi roda kemudi bisa ikut berkontribusi dalam menjaga harga jual kendaraan.

Dilansir dari endurancewarranty.com, Rabu (11/07/2018), terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga roda kemudi tetap prima. Yang pertama adalah selalu menjaga kebersihannya dari kotoran yang menempel. Caranya cukup dengan mengelap menggunakan cairan pembersih kulit. Kemudian bersihkan dengan kain yang lembap untuk membersihkan cairan pembersih yang menempel secara berlebih, lalu dikeringkan dengan memakai kain lembut yang kering.

Langkah selanjutnya adalah menjaga kelembapan roda kemudi menggunakan kondisioner khusus material kulit. Proses ini penting untuk menjaga kelenturan, durabilitas dan kelembutan kulit roda kemudi. Cara pengaplikasiannya yakni dengan menggunakan tangan secara langsung. Selagi kulit roda kemudi diusap, berikan sedikit pijatan menggunakan tangan untuk memastikan cairan terserap sempurna. Diamkan selama 30 menit sebelum dibersihkan kembali menggunakan kain bersih.

Perlu diketahui, ketika melakukan perawatan roda kemudi ada baiknya memilih waktu yang cukup luang. Soalnya, Anda harus membiarkan cairan kimia yang diaplikasikan mengering atau terserap ke dalam kulit roda kemudi. Apabila proses tersebut dilewati akan sangat membahayakan pengendara karena roda kemudi menjadi licin. Oleh karena itu, apabila Anda tidak memiliki cukup waktu untuk membiarkan cairan kimia tersebut ada baiknya menggosoknya dengan kain bersih hingga kering.

 (kpl/fid/crn)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-7-11
detail

BERITA POPULER