HOME » BERITA » CARA MUDAH HILANGKAN BEKAS TINTA PEMILU DI JOK DAN SETIR MOBIL

Cara Mudah Hilangkan Bekas Tinta Pemilu di Jok dan Setir Mobil

Bekas tinta pemilu kerap tertinggal di mobil. Simak cara mudah dan murah menghilangkan bekas tinta pemilu yang menempel di jok dan setir mobil.

Kamis, 18 April 2019 11:15 Editor : Cornelius Candra
Tinta pemilu (Merdeka.com)

OTOSIA.COM - Kemarin (17/4) Indonesia menggelar pesta demokrasi 5 tahunan untuk memilih Presiden, Wakil Presiden, DPD, DPR RI, dan DPRD. Jutaan orang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut

Setelah Pemilu 2019, setiap orang yang menggunakan hak pilihnya pasti menandai jarinya dengan tinta ungu. Namun, tak banyak yang sadar bahwa noda tinta bisa tertinggal di berbagai komponen mobil, seperti jok dan kemudi.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan bekas tinta pemilu yang terlanjur menempel di mobil? Mengutip dari akun Youtube How to DIY, simak beberapa metode ini:

1. Bahan vinil

Menghilangkan bekas tinta pemilu bisa dengan menggunakan kain berbahan vinil. Caranya, cukup tempelkan kain tersebut agar bekas tinta terserap secara perlahan. Jika tidak ada, Otolovers bisa memakai handuk kering atau pun tisu.

Jangan menggosok area yang terkena bekas tinta. Pasalnya, tinta bisa makin tersebar dan masuk ke dalam serat pelapis jok atau pun kemudi.

2. Alkohol

Jika cara pertama masih kurang efektif, Otolovers bisa menggunakan alkohol untuk menghilangkan bekas tinta pemilu yang membekas di mobil. Usahakan menggunakan alkohol dengan kandungan di atas 70%.

Caranya cukup tuangkan alkohol ke kain putih bersih dan tempelkan pada bagian yang terkena tinta pemilu. Perlahan tinta akan terserap ke kain. Lakukan cara tersebut sampai bekas tersebut hilang.

Namun, jangan digosok agar bekas tinta tidak tersebar. Selain itu, hindari menuangkan alkohol langsung pada daerah yang terkena bekas tinta, terlebih di kain berbahan asetat, rayon, dan triasetat.

3. Hairspray

Hairspray juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas tinta pemilu yang tertempel di mobil. Caranya cukup semprotkan ke bagian yang terkena. Gosok secara perlahan dan lembut menggunakan kain bersih dan kering.

4. Cuka

Karena bersifat asam, cuka bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan bekas tinta pemilu yang tertinggal di mobil. Selain mudah dan murah, metode ini juga paling ramah lingkungan.

Caranya cukup campurkan 2 sendok makan cuka dan 1 sendok makan pencuci piring. Kemudian, basahi area yang terkena bekas tinta pemilu dengan larutan tersebut menggunakan kain bersih dan gosok dengan lembut.

Diamkan selama sekitar 10 menit dan gosok kembali dengan lap bersih yang dibasahi dengan air dingin. Kemudian, keringkan area tersebut.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR