HOME » BERITA » CARA MUDAH JAGA KABIN MOBIL TETAP DINGIN DI MUSIM KEMARAU

Cara Mudah Jaga Kabin Mobil Tetap Dingin di Musim Kemarau

Menyambut musim kemarau, simak beberapa tips supaya kabin mobil tetap dingin.

Selasa, 30 April 2019 10:15 Editor : Cornelius Candra
Ilustrasi mobil di musim kemarau (accurateins.com)

OTOSIA.COM - Meski berbagai daerah di Indonesia masih diguyur hujan selama beberapa hari terakhir, tak ada salahnya jika Otolovers juga bersiap menyambut datangnya musim kemarau.

Ketika musim kemarau, cuaca yang panas sepanjang hari akan membuat suhu di kabin mobil juga meningkat. Hal ini tentu mengurangi kenyamanan berkendara.

Karena itu, mengutip dari Auto.ndtv.com, simak 4 cara mudah menjaga kabin mobil supaya tetap dingin berikut ini:

1. Bersihkan/ Gantin filter AC

Cara terbaik supaya kabin mobil tetap dingin adalah memastikan AC berfungsi dengan baik. Karena itu, Otolovers perlu membersihkan filter AC secara berkala.

Sirkulasi udara yang buruk akan membuat AC bekerja lebih keras sehingga memperpendek usianya. Selain itu, konsumsi bahan bakar juga akan semakin boros. Jika kondisi filter AC sudah tak mumpuni, segera ganti komponen tersebut.

2. Nyalakan AC di mode terendah

Berlari di teriknya matahari menuju mobil bisa meningkatkan suhu tubuh Otolovers sehingga berkeringat. Karena itu, untuk menjaga kesehatan, nyalakan AC dari mode terendah dulu.

Hal ini juga perlu dilakukan supaya AC dapat berusia lebih lama. Menyalakan AC langsung di mode tertinggi bisa memperpendek usianya dan konsumsi bahan bakar juga lebih boros.

3. Gunakan mode Re-Circulation

Setelah kabin dirasa cukup dingin, segera aktifkan AC ke mode re-circulation. Pengaturan ini membuat AC tidak menghisap udara panas dari luar, namun menggunakan udara dingin di dalam kabin.

4. Mematikan AC

Ingat, matikan AC terlebih dulu sebelum mematikan mesin untuk mengeluarkan udara kering di kabin dan mencegah interior berjamur.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR