HOME » BERITA » CARA MUDAH LAKUKAN ENGINE BRAKE PADA MOBIL MATIK

Cara Mudah Lakukan Engine Brake Pada Mobil Matik

Teknik engine brake sering dipakai saat melewati jalanan yang menurun tajam. Cara melakukan engine brake tak hanya bisa diterapkan pada mobil bertransmisi manual, tapi juga pada mobil bertransmisi otomatis.

Kamis, 25 April 2019 11:45 Editor : Dini Arining Tyas
Honda Jazz RS (Honda Indonesia)

OTOSIA.COM - Engine brake sering dipakai untuk membantu pengereman saat kondisi darurat. Ketika pengereman konvensional tak membantu menghentikan laju kendaraan, engine brake bisa dipakai.

Biasanya, engine brake dilakukan saat kondisi jalan menurun sangat curam. Teknik ini tak hanya bisa dipakai pada mobil bertransmisi manual, tapi juga mobil bertransmisi otomatis.

Jika pada mobil bertransmisi manual, cara melakukan engine brake adalah dengan menurunkan ke gigi yang lebih rendah. Prinsip ini juga berlaku untuk mobil bertransmisi otomatis.

Cara engine brake pada mobil matik bisa dengan down shift. Jika mobil matik Otolovers tak memiliki over drive, bisa langsung menurunkan posisi transmisi dari D ke 3, 2, atau L.

Tapi perlu diingat, saat melakukan engine brake, putaran (rpm) mesin harus dalam keadan yang pas. Biasanya transmisi bisa dipindah ketka rpm sedang tidak pada red line.

Jika tetap dipaksakan melakukan down shift, mobil biasanya akan menyentak. Hal itu jelas akan membuat tak nyaman.

Pada mobil-mobil bertransmisi otomatis kekinian, biasanya sudah dibekali fitur untuk melakukan engine brake otomatis. Seperti grade logic control pada mobil matik pabrikan Honda. Fitur itu membantu pengemudi melakukan engine brake tanpa perlu menggeser tuas transmisi.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR