HOME » BERITA » CARA MUDAH MERAWAT SEPEDA MOTOR SEHARI-HARI DI RUMAH

Cara Mudah Merawat Sepeda Motor Sehari-hari di Rumah

Merawat sepeda motor sehari-hari dapat dilakukan sendiri di rumah. Beberapa komponen sepeda motor dapat dicek sendiri tanpa perlu ke bengkel.

Jum'at, 28 Mei 2021 15:15 Editor : Nazarudin Ray
Cara Mudah Merawat Sepeda Motor Sehari-hari di Rumah
Ilustrasi servis kunjung ke rumah (YIMM)

OTOSIA.COM - Sama seperti tubuh manusia, sepeda motor juga perlu perawatan agar performanya tetap terjaga. Perawatan rutin bisa dilakukan baik ke bengkel maupun sendiri dirumah.

Mengecek sendiri di rumah adalah salah satu cara yang simpel mengetahui kondisi sepeda motor yang akan digunakan.

Menurut Riyadi Prihartono selaku Manager Service CS Divion PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), ada beberapa komponen bisa dicek sendiri. Berikut perawatan motor yang bisa dilakukan sehari-hari:

1 dari 4 Halaman

1. Memastikan aki dalam kondisi baik dengan cara cek fungsi sistem kelistrikan, cek starter , klakson, dan lampu-lampu.

2. Mengecek level ketinggian oli mesin apakah masih dalam batas normal dengan cara membuka tutup oli dan cek level ketinggian pada stick oli.

"Biasakan untuk mengganti oli mesin setiap 3.000 km ke bengkel resmi Yamaha terdekat," imbuhnya.

2 dari 4 Halaman

3. Memeriksa kebocoran oli dengan melihat apakah ada tetesan oli atau rembesan oli di sekitar bagian mesin, serta cek suspensi depan dan belakang jika ada rembesan oli.

4. Mengecek sistem pengereman untuk menjaga performa rem tetap optimal dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, memeriksa ketinggian level minyak rem melalui indikator pada master rem, dan kedua memeriksa ketebalan kampas rem depan dan belakang melalui indikator keausan kampas rem.

3 dari 4 Halaman

5. Mengecek kondisi tekanan ban dan alur ban agar berkendara lebih nyaman performa tetap maksimal. Tekanan ban normal ban depan adalah 255 kPa/33 psi dan ban belakang 250 kPa/36 psi

6. Menjaga kebersihan motor dengan mencuci motor, untuk mencegah karat pada bodi motor dan bagian lainnya.

4 dari 4 Halaman

7. Menghidupkan motor yang tidak terpakai agar mesin terlumasi dan kondisi aki terjaga.

"Pemeriksaan sejumlah bagian penting dari sepeda motor dapat dilihat juga pada buku petunjuk pemilik melalui aplikasi My Yamaha Motor. Jika ditemukan ada kendala yang harus diantisipasi dan membutuhkan bantuan teknisi silahkan menghubungi Bengkel Resmi Yamaha terdekat," pungkasnya.

BERI KOMENTAR