HOME » BERITA » CARA MUDAH MERAWAT VELG MOTOR AGAR TAK CEPAT RUSAK

Cara Mudah Merawat Velg Motor Agar Tak Cepat Rusak

Begini cara merawat velg sepeda motor agar tetap awet

Sabtu, 05 Juni 2021 12:15 Editor : Ahmad Muzaki
Cara Mudah Merawat Velg Motor Agar Tak Cepat Rusak
Ilustrasi sepeda motor (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Velg menjadi bagian penting pada sepeda motor. Tidak hanya berkaitan dengan kenyamanan saja, tetapi juga keamanan selama perjalanan.

Oleh karena itu, setiap pemilik motor harus merawat velg agat tak cepat rusak. Lantas bagaimana caranya? Berikut ulasan lengkapnya yang dilansir dari laman Federal Oil.

1 dari 3 Halaman

Merawat Ban

Pertama tentu adalah merawat ban. Sebagai komponen yang melekat pada velg, tentu ban bisa memengaruhi velg itu sendiri.

Perawatannya pun sangat mudah, pemilik harus rutin mengecek tekanan udara pada ban. Pastikan ban motor memiliki jumlah udara yang pas atau sesuai ketentu.

Ketika tekanan udara pada ban terlalu tinggi, maka saat menghantam lubang tumpuannya akan dialihkan ke velg. Jika sudah begini velg akan mudah rusak.

Sementara itu, jika ban kempes, maka akan mudah bocor saat menghantam lubang jalan. Lagi-lagi, velg akan mudah rusak.

2 dari 3 Halaman

Cara Berkendara

Jangan lupa juga untuk memerhatikan cara berkendara. Jangan sampai ugal-ugalan, lebih baik berkendara santai dan tetap fokus terhadap keselamatan.

Jika ugal-ugalan dan sampai berulang kali menghantam lubang, maka velg motor akan cepat rusak.

Melakukan Pengecatan Velg

Jika velg sudah lama dipakai, maka tampilannya akan memudar dan kurang menarik. Untuk mengatasi hal itu, pemilik motor bisa mengecat ulang velg motor.

3 dari 3 Halaman

Pakai Sesuai Ukuran

Selain itu, usahakan untuk menggunakan ban yang sesuai dengan ukuran velg. Pastikan ukuran velg lebih besar daripada ban. Sebab hal ini bisa memengaruhi putaran roda pada mesin motor.

Cuci Motor

Terakhir, cuci sepeda motor secara rutin. Karena hal ini terbukti bisa menjaga performa motor, termasuk bagian velg. Terlebih lagi jika motor bersih, maka berkendara pun akan semakin nyaman.

BERI KOMENTAR