HOME » BERITA » CARA MUDAH MUTASI MOBIL SECARA ONLINE

Cara Mudah Mutasi Mobil secara Online

Mutasi mobil ini merupakan salah satu persyaratan bila melakukan perpindahan domisili pemilik mobil.

Minggu, 03 Januari 2021 13:15 Editor : Nurrohman Sidiq
Cara Mudah Mutasi Mobil secara Online
Ilustrasi BPKB (Wuling)

OTOSIA.COM - Mutasi mobil sering terjadi di dalam dunia mobil bekas, terutama dalam urusan jual beli, atau juga faktor pemilik yang harus berpindah tempat. Mutasi sendiri sering disebut dengan istilah cabut berkas.

Mutasi mobil ini merupakan salah satu persyaratan bila melakukan perpindahan domisili pemilik mobil. Contohnya, bila Anda membeli kendaraan di kota A, dan kemudian Anda pindah domisili ke kota B, maka Anda perlu melakukan mutasi mobil.

Proses mutasi pun beragam, mulai dari offline hingga online. Untuk Anda yang saat ini mengalami hambatan dalam melakukan mutasi secara offline, bisa menyiapkan beberapa syarat seperti dibagikan oleh Daihatsu yang dikutip Minggu (3/1/2021), berikut ini.

1 dari 4 Halaman

1. Syarat Mutasi Mobil Online

Sebelum melakukan mutasi, tentu ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi terlebih dahulu. Beberapa syarat tersebut antara lain STNK, BPKB, KTP asli pemilik, Kwitansi pembelian motor dan materai.

Jika Anda melakukan pembelian kendaraan di bawah badan hukum, maka Anda harus menambahkan dokumen lain.

Nah, beberapa dokumen tambahan tersebut contohnya akte pendirian, surat kuasa bermaterai, keterangan domisili, dan tanda tangan pimpinan. Siapkan seluruh dokumen tersebut baik asli maupun fotokopian sebanyak 2 lembar.

2 dari 4 Halaman

2. Cek Fisik Kendaraan

Untuk proses ini, Anda diwajibkan untuk tetap melakukannya secara offline di kantor samsat. Setelah itu, simpan bukti pengecekan berupa form yang nantinya akan diserahkan bersamaan dengan berkas-berkas sebelumnya.

 

3 dari 4 Halaman

3. Membuat BPKB Baru

Karena proses mutasi diterapkan secara online, maka Anda perlu membuat BPKB baru. Caranya ialah dengan mendatangi Direktorat Lalu Lintas.

Setelah proses ini, barulah Anda bisa melakukan pengisian form secara online. Masukkan data diri berupa NIK sesuai dengan kartu tanda penduduk (KTP). Setelah NIK dimasukkan, data diri Anda akan terekam otomatis.

4 dari 4 Halaman

4. Siapkan Biaya

Setiap daerah umumnya membebankan biaya mutasi yang berbeda-beda, tergantung pemerintah daerahnya. Untuk biaya cek fisik kendaraan sendiri, dana yang dibutuhkan sekitar Rp20 ribu.

Kalau untuk pengesahan STNK sendiri sekitar Rp200 ribuan dan pengesahannya dipatok Rp50 ribu.

BERI KOMENTAR