HOME » BERITA » CARA NISSAN MENURUNKAN ANGKA KECELAKAAN YANG DISEBABKAN PENGEMUDI LANSIA

Cara Nissan Menurunkan Angka Kecelakaan yang Disebabkan Pengemudi Lansia

Sebagai upaya menurunkan angka kecelakaan oleh pengemudi lansia, Nissan mendirikan sebuah laboratorium khusus

Selasa, 30 Maret 2021 16:15 Editor : Ahmad Muzaki
Cara Nissan Menurunkan Angka Kecelakaan yang Disebabkan Pengemudi Lansia
Ilustrasi menyetir mobil (Nissan)

OTOSIA.COM - Sudah bukan rahasia umum lagi jika pengemudi lanjut usia (lansia) kerap menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu, Nissan berkolaborasi dengan tiga universitas di Jepang akan mendirikan laboratorium khusus untuk meminimalisir hal tersebut.

Melansir Autoindustriya, laboratorium ini diberi nama Traffic Future Creation Lab. Tujuannya adalah untuk membuat jalan yang lebih aman bagi semua orang. Secara khusus, lab ini bertujuan untuk mempelajari dan menurunkan kecelakaan yang disebabkan pengemudi lansia.

1 dari 2 Halaman

Lebih lanjut, laboratorium akan mempelajari kesalahan pengemudi lansia terkait penurunan kognitif dan fisik. Penelitian yang dilakukan juga akan memperhitungkan berbagai faktor, seperti gaya hidup, budaya, dan keterkaitan dengan masyarakat lokal yang menjadi penyebab penurunan tersebut.

Setelah penelitian selesai, pihak laboratorium berharap temuannya ini dapat membantu lansia untuk mengemudi mobil lebih aman.

2 dari 2 Halaman

Sementara itu, peserta yang mengikuti penelitian ini akan menjalani berbagai tes, seperti simulator mengemudi dan mengemudi sebenarnya. Salah satu tes yang dilakukan berfokus pada analisis tatapan mata dan reaksi warna yang dipadukan dengan fungsi fisik lansia saat mengemudi.

Setelah mendapatkan hasilnya, Nissan akan mengembangkan solusi keselamatan baru yang memungkinkan pengemudi lansia dapat mengemudi lebih lama dan aman.

Menariknya lagi, penelitian ini tidak hanya dilakukan untuk pengemudi lansia saja, tetapi juga anak-anak, warga asing, dan orang dalam kondisi kecemasan. Sehingga, mereka tidak akan tertinggal saat sarana transportasi dan keselamatan semakin bergerak maju.

BERI KOMENTAR