HOME » BERITA » CARA PILIH BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR SESUAI RASIO KOMPRESI MESIN

Cara Pilih Bahan Bakar Sepeda Motor Sesuai Rasio Kompresi Mesin

Cara memilih bahan bakar sepeda motor yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan tak bisa sembarangan. Cara memiilh bahan bakar sepeda motor harus disesuaikan dengan rasio kompresi mesin.

Jum'at, 22 Maret 2019 13:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi (Cardfsssn)

OTOSIA.COM - Memilih bahan bakar untuk sepeda motor memang tak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

Salah satunya adalah rasio kompresi mesin kendaraan. Untuk memilihnya, penyesuaian bahan bakar itu bisa dilakukan dengan mencocokkan nilai oktan bahan bakar dengan rasio kompresi mesin sepeda motor.

Jika belum paham soal nilai oktan, istilah ini menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Jadi jika ke SPBU, coba perhatikan nama bahan bakar. Biasanya, diikuti dengan angka, nah itu adalah keterangan nilai oktan.

Ada beberapa produk bahan bakar yang dikeluarkan oleh beberapa pabrikan penyedia bahan bakar, seperti milik Pertamina dan Shell. Masing-masing produk yang dijual memiliki nilai oktan berbeda.

Mulai dari 88 untuk Premium, 90 untuk Pertalite, 92 untuk Pertamax, dan 95 untuk Pertamax Plus, pada produk miik Pertamina. Sedangkan milik Shell, ada Shell Super dan Shell-Power, dengan nilai oktan masing-masing 92 dan 95.

Nah, untuk memilih bahan bakar mana yang cocok untuk sepeda motormu, coba cocokkan dengan kompresi mesin motormu. Contohnya, Premium dengan nilai oktan 88, hanya cocok untuk sepeda motor dengan rasio kompresi 7-9:1, seperti dikutip dari Honda Cengkareng.

Lalu Pertalite untuk rasio kompresi 9-10:1, Pertamax dan Shell Super untuk rasio kompresi 10-11:1, dan Pertamax dan Shell V-Power untuk rasio kompresi 11-12:1.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR