HOME » BERITA » CARA SEDERHANA MERAWAT CAT AIRBRUSH AGAR TETAP KINCLONG

Cara Sederhana Merawat Cat Airbrush Agar Tetap Kinclong

Merawat cat airbrush agar tetap kinclong sebenarnya mudah. Cukup dibilas segera dengan air bersih usai terkena hujan, dan tidak terlalu sering terkena matahari langsung.

Sabtu, 10 Oktober 2020 08:15 Editor : Nazarudin Ray
Cara Sederhana Merawat Cat Airbrush Agar Tetap Kinclong
Yamaha NMax 'Predator' dengan pengecatan airbrush (Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Salah satu modifikasi yang membuat tampilan sepeda motor menjadi keren dan eye catching adalah dengan mengaplikasian cat airbrush. Cara perawatannya pun berbeda dengan cat biasa.

Jika salah merawat, pengecatan dengan teknik airbrush akan pudar dan muncul flek atau jamur yang dapat mengganggu keindahan motor.

Menurut Jaidun Mochtar atau akrap disapa JJ dari JJ Airbrush, perawatan cat airbrush terbilang simpel. Yang utama adalah jangan membiarkan air hujan lama menempel di bodi, dan tidak terlalu sering dijemur di bawah terik matahari langsung.

"Kalau habis kena hujan, langsung bilas dengan air biasa. Jangan dibiarkan kering karena akan menimbulkan flek. Sebab air hujan mengandung asam dan garam. Dilap langsung juga bisa," kata JJ.

1 dari 2 Halaman

Sebaliknya, terkena sinar matahari langsung terus-menerus dapat mempengaruhi kualitas cat airbrush. Karena itu ia menyarankan menggunakan obat poles khusus airbrush. Tidak dianjurkan menggunakan bahan poles yang sembarangan.

"Seperti saya bilang tadi, asal rajin dibilas dan dipoles khusus, tidak masalah. Cat airbrush bisa bertahan tahunan, 5 tahun bahkan lebih. Kecuali airbrush stabilo, itu sensitif, dalam beberapa bulan warnanya bisa pudar," ujarnya.

Cat airbrush tidak masalah jika disemprot dengan tekanan air yang tinggi saat motor dicuci. Itu tidak akan membuat lapisan cat terkelupas. Namun disarankan mencuci dengan shampo khusus motor.

 

2 dari 2 Halaman

"Tidak masalah disteam kuat. Kecuali bahan atau teknik pengecatan airbrush-nya jelek. Biasanya yang mengelupas itu tekniknya salah, misalnya saat habis pakai epoxy main langsung cat. Ini bisa langsung ngelotok. Yang benar habis pakai epoxy dilapisi lagi dengan PP primer, ini yang benar, kuat dan tahan lama," ungkapnya.

Ia juga mengingatkan untuk tidak mencuci di tempat panas atau dibawah matahari langsung. Terlebih pengecatan airbrush dalam hitungan baru. Pasalnya, air sabun akan cepat mengering dan menimbulkan flek. Tidak dianjurkan menggunakan sabun yang tidak jelas atau deterjen, karena akan menyebabkan warna pudar.

"Ya cukup semprot pakai air lalu keringkan pakai kanebo," tutupnya.

BERI KOMENTAR