HOME » BERITA » CARA SHOLAT JAMAK DAN QASHAR SAAT MUDIK 2019

Cara Sholat Jamak dan Qashar Saat Mudik 2019

Sebenarnya tata cara sholat (salat) jamak dan qashar cukup mudah. Hanya saja Otolovers harus teliti terkait hukum dan syaratnya. Kedua faktor ini penting, karena menjadi faktor sah tidaknya cara sholat (salat) jamak dan qashar yang dilakukan.

Kamis, 21 Maret 2019 15:45 Editor : Ahmad Muzaki
Ilustrasi pergi dengan mobil (Flanders Today)

OTOSIA.COM - Sebagai seorang muslim harus selalu menjalankan kewajiban yang telah diperintahkan. Kewajiban utama penganut agama Islam setiap hari adalah sholat (salat) 5 waktu. Dalam keadaan apapunsholat (salat) 5 waktu harus tetap dilaksanakan, entah itu seseorang dalam keadaan sakit atau tidak.

Ketika seorang dalam perjalanan meskipun dengan jarak tempuh yang sangat jauh,sholat (salat) 5 waktu tetap harus dilakukan. Namun, ada keringanan dari Allah terkait hal ini. Akan tetapi keringanan yang diberikan ini hanya berlaku untuk perjalanan yang memenuhi syarat saja. Keringanan yang dimaksud di sini adalah sholat (salat) jamak dan qashar.

Sebenarnya tata carasholat (salat) jamak dan qashar cukup mudah. Hanya saja Otolovers harus teliti terkait hukum dan syaratnya. Kedua faktor ini penting, karena menjadi faktor sah tidaknya cara sholat (salat) jamak dan qashar yang dilakukan.

Namun bagaimana carasholat (salat) jamak dan qashar saat mudik atau perjalanan jauh? Untuk mengetahui hal tersebut simak ulasan ini ya Otolovers.

Sholat (salat) Jamak

Yang pertama keringanan terkaitsholat (salat) lima waktu saat mudikatau dalam perjalanan adalahsholat (salat) jamak. Jika melihat maksud dari sholat (salat) jamak, tata carasholat (salat) jamak cukup mudah. Sholat (salat) jamak sendiri mempunyai maksud mengumpulkan duasholat (salat) fardhu yang dikerjakan dalam satu waktusholat (salat) saja.

Namun untuksholat (salat) subuh tidak bisa dijamak, yang bisa dijamak adalah dzuhur dengan ashar dan magrib dengan isya. Selain itu sepertisholat (salat) ashar dengan magrib juga tidak bisa dijamak.

Perlu diketahui juga bahwasholat (salat) jamak terbagi ke dalam dua macam, pertama adalah sholat (salat) jamak taqdim. Tata cara sholat (salat) jamak taqdim saat mudik atau berpergian adalah dengan melakukan sholat (salat) di awal waktu, contohnya adalah melakukan sholat (salat) dzuhur dan ashar di waktu dzuhur atau melakukan sholat (salat) magrib dan isya di waktu isya.

Macam sholat (salat) jamak berikutnya adalah jamak takhir. Tata cara sholat (salat) jamak takhir saat mudikatau berpergian adalah kebalikan dari tata cara sholat (salat) jamak taqdim. Artinya adalah melakukansholat (salat) dzuhur dan ashar di waktu ashar atau melakukan sholat (salat) maghrib dan isya di waktu isya.

Syarat Sholat (salat) Jamak Saat Mudik

Setiap ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah termasuk keringanan dalamsholat (salat) pasti ada syarat yang harus ditaati. Ini berkaitan dengan sah atau tidaknya sholat (salat) jamak yang dilakukan.

Untuk itu Otolovers harus mengetahui syarat ketentuan dari sholat (salat) jamak, karena pada dasarnya kemudahan akan terasa mudah apabila kita semua mengetahui ilmunya.

Syarat sholat (salat) jamak ini sendiri terkait dengan tata carasholat (salat) jamak saat mudik atau berpergian. Karenasholat (salat) jamak sendiri memiliki dua macam, maka syaratnya pun ada dua. Yang pertama adalah syarat sholat (salat) jamak taqdim yang terbagi ke dalam 4 syarat.

Syarat pertama dalam tata cara sholat (salat) jamak taqdim adalah tartib. Maksudnya di sini adalah sholat (salat) jamak taqdim yang dilakukan harus sesuai dengan urutan. Misalnya adalah melakukan sholat (salat) dzuhur terlebih dulu dari pada ashar dan mendahulukan sholat (salat) maghrib dari pada isya.

Yang kedua dari syarat tata cara sholat (salat) jamak saat mudik adalah niat. Setiap perbuatan pasti harus diawali dengan niat, termasuk sholat (salat) jamak taqdim. Niatnya sangat mudah kok Otolovers, untuk kapan niat ini diucapkan sunahnya adalah bersamaan dengan takbiratul ihram. Berikut ini niat jamak taqdim sholat (salat) dzuhur dan ashar dengan jamak taqdim:

أص"‰ رض ا"ظ‡ر أربع رƒعات …ج…ˆعا با"عصر ج…ع ت'دŠ… ""‡ تعا"‰

Artinya: €œSaya niat sholat fardlu dhuhur empat rakaat dijama€™ bersama ashar dengan jama€™ taqdim karena Allah Ta€™ala€.

Dan berikut ini niat jamak taqdim untuksholat (salat) maghrib dan isya:

أص"‰ رض ا"…غرب ث"اث رƒعات …ج…ˆعا با"عشاء ج…ع ت'دŠ… ""‡ تعا"‰

Artinya: €œSaya niat sholat fardlu maghrib tiga rekaat dijama€™ bersama isya€™ dengan jama€™ taqdim karena allah Ta€™ala€.

Syarat ketiga dari tata cara sholat (salat) jamak saat mudik atau berpergian adalah Muwalat atau berurutan. Maksudnya di sini adalah Otolovers saat menjalankan sholat untuk jeda pemisah kedua sholat (salat) tidak boleh terlalu lama. Sebagai contoh adalah setelah melakukan sholat (salat) dzuhur langsung berdiri atau segera takbiratul ihram untuk sholat (salat) ashar.

Syarat keempat dari tata cara sholat (salat) jamak taqdim adalah saat mengerjakan sholat (salat) kedua masih dalam perjalanan, meskipun perjalanan tersebut seperti mudik tidak harus mencapai masafatul qashr atau batas minimal perjalanan.

Sedangkan untuk syarat tata cara sholat (salat) jamak takhir ada dua, pertama adalah niat jamak takhir dilakukan di waktu sholat (salat) yang pertama, seperti dalam waktu sholat (salat) dzuhur. Dan berikut ini niat sholat (salat) jamak dzuhur dengan ashar dengan jamak takhir:

أص"‰ رض ا"ظ‡ر أربع رƒعات …ج…ˆعا با"عصر ج…ع تأخŠرا""‡ تعا"‰

Artinya: €œSaya niat sholat fardlu maghrib empat rekaat dijama€™ bersama ashar dengan jama, ta€™khir karena Allah Ta€™ala€.

Berikut ini niat sholat (salat) jamak takhir maghrib dan isya:

أص"‰ رض ا"…غرب ث"اث رƒعات …ج…ˆعا با"عصر ج…ع تأخŠرا""‡ تعا"‰

Artinya: €œSaya niat sholat fardlu maghrib tiga rekaat dijama€™ bersama isya€™ dengan jama€™ ta€™khir karena Allah Ta€™ala€.

Sedangkan untuk syarat yang kedua adalah dalam mengerjakansholat (salat) yang kedua tetap dalam perjalanan mudik atau berpergian lainnya seperti yang telah diterangkan di atas tadi.

Tata Cara Sholat (salat) Jamak

Terkait syarat untuk melakukan shalat jamak adalah dalam perjalanan minimal 81 kilometer, perjalanan tidak untuk maksiat, masih dalam perjalanan ketika melakukan shalat, dan ketakutan atau khawatir, seperti ada perang, saat sakit, hujan lebat, serta bencana alam.

Untuk tata cara shalat jamak adalah seperti shalat fardlu biasa, hanya saja dua shalat fardlu dilakukan di waktu yang sama.

Sehingga cara shalat jamak pertama adalah dengan melakukan niat shalat jamak. Kemudian Otolovers melakukan shalat seperti shalat fardlu biasa. Setelah melakukan salam di shalat pertama, kemudian Otolovers sesegera mungkin untuk takbiratul ikhram shalat kedua. Dan cara shalat jamak terkait pelaksanaan di shalat kedua seperti shalat fardlu biasa juga.



Shalat Qashar Saat Mudik

Mudik terkadang membutuhkan waktu sampai berjam-jam hanya di jalanan, belum lagi kalau terkena macet bisa sampai hitungan hari. Oleh sebab itu seorang muslim bisa mendapatkan keringanan terkait shalat fardhu. Selain bisa melakukan shalat jamak, Otolovers juga bisa melakukan qashar shalat. Tentunya shalat satu ini memiliki ketentuan yang lebih rumit. Namun apabila Otolovers mengetahui ilmu terkait tata cara shalat qashar tentu hal ini menjadi mudah.

Namun perlu diketahui juga, meringkas shalat atau qashar hanya bisa dilakukan untuk shalat yang berjumlah 4 rakaat yang diringkas menjadi 2 rakaat, seperti dzuhur, ashar, dan isya. Untuk shalat subuh dan maghrib tidak bisa di qashar. Hal ini didasari dari ijma€™ ulama yang telah dilakukan.

Landasan lainnya terkait shalat qashar dari firman Allah di dalam surat An-Nisa€™ ayat 101:

ˆŽإذŽا ضŽرŽب'ت…' Š ا"'أŽر'ض Ž"ŽŠ'سŽ عŽ"ŽŠ'ƒ…' ج†ŽاحŒ أŽ†' تŽ''صرˆا …†Ž ا"ص'Ž"Žاة

Artinya, €œKetika kalian bepergian di bumi, maka bagi kalian tidak ada dosa untuk meringkas shalat.€

Ketentuan Hukum Shalat Qashar

Allah telah memberikan keringanan untuk para pemudik ketika ingin pulang ke kampung halaman. Namun tentunya shalat qashar tetap memiliki hukum yang harus diketahui dan ditaati. Sehingga dalam melakukan tata cara shalat qashar saat mudik tidak asal-asalan.

Kurang lebih ada 3 hukum untuk shalat qashar yang perlu diketahui Otolovers. Hukum-hukum tersebut di antaranya adalah:

1. Jawaz atau boleh

Otolovers ketika mudik bisa menerapkan keringanan yang diberikan Allah atau shalat qashar ini. Dihukumi boleh apabila Otolovers melakukan perjalanan mencapai 84 mil/16 Farsakh atau 2 Marhalah/80,640 km, akan tetapi belum mencapai 3 Marhalah/120,960 km.

2. Lebih baik melakukan qashar

Dihukumi lebih baik (afdhal) untuk melakukan tata cara shalat qashar adalah ketika Otolovers mencapai perjalanan 3 Marhalah atau lebih. Jika dikonversi ke kilometer, maka Otolovers mencapai jarak tempuh 120,960 km atau lebih.

3. Wajib

Dalam mudik atau berpergian Otolovers akan dikenai hukum wajib qashar ketika waktu shalat tidak cukup untuk digunakan kecuali dengan qashar.

Syarat Shalat Qashar

Selain ketentuan hukum yang harus diketahui dan diikuti, ada beberapa syarat cara shalat qashar yang harus diikuti juga. Hal ini tentu berkaitan dengan sah tidaknya cara shalat qashar saat mudik atau berpergian yang akan dilakukan. Syarat ini sendiri juga berkaitan erat dengan tata cara shalat qashar. Untuk itu simak baik-baik ya Otolovers!

Kurang lebih ada 8 syarat yang harus diikuti untuk melakukan tata cara pelaksanaan shalat qashar. Syarat yang pertama adalah terkait niat berpergian, apabila niat berpergian untuk maksiat tentu shalat qashar tidak bisa dilakukan atau tidak sah. Sedangkan apabila niat pergi seperti mudik, bayar hutang, atau hal baik lainnya maka shalat qashar baru bisa dilakukan dan sah.

Syarat kedua adalah terkait jarak minimal dalam berpergian. Minimal jarak yang harus ditempuh adalah 2 Marhalah/16farsakh (48 mil)/4 barid/perjalanan 2 hari. Sebenarnya terkait minimal jarak tempuh ini pun setiap ulama berbeda-beda, di antaranya adalah:

1. Jarak 80,64 km (Al-Kurdi, Tanwirul Quluub, Thoha Putra, Juz 1 hal 172)

2. Jarak 88,704 km (Al-Fiqhul Islami, Juz 1, halaman 75)

3. Jarak 96 km menurut kalangan Hanafiyah

4. Jarak 119,9 km untuk mayoritas ulama

5. Jarak 94,5 km menurut Ahmad Husain Al-Mishry

Syarat ketiga yang menentukan tata cara shalat qashar bisa dilakukan dan sah adalah shalat yang diqashar adalah shalat ada€™. Shalat ini sendiri merupakan shalat yang dilakukan di waktunya, bukan shalat qadha€™.

Terkait syarat keempat adalah soal niat. Dan berikut ini niat shalat qashar, niat ini sendiri merupakan tata cara shalat qashar pertama.

أصŽ"'Š' Žر'ضŽ ا"ظ'‡'ر …Ž''صˆ'رŽة' ""‡ تŽعŽا"Ž‰

Artinya: €œSaya niat shalat fardlu zhuhur dengan qashar karena Allah ta€™ala.€

Syarat selanjutnya adalah ketika akan melakukan shalat qashar tidak diperbolehkan menjadi makmum dari imam yang tidak melakukan qashar, baik itu dalam keadaan yakin atau ragu-ragu terkait status shalat imam tersebut.

Yang keenam untuk syarat shalat qashar adalah mengetahui tentang ketentuan hukum dan syarat diperbolehkannya shalat qashar, jadi tidak hanya ikut-ikutan seseorang saja atau imam. Nah ini tentu ini perlu diketahui Otolovers, karena mempengaruhi sah tidaknya melakukan shalat qashar saat mudik.

Syarat berikutnya adalah Otolovers harus yakin bahwa masih dalam keadaan pantas untuk melakukan shalat qashar atau biasa disebut dengan Al-Qashir atau bisa diartikan dengan masih dalam keadaan berpergian. Apabila ragu-ragu dan merasa sudah sampai di mukimnya maka harus segera menyempurnakan shalatnya.

Sedangkan untuk syarat terakhir adalah shalat qashar hanya untuk orang yang berpergian secara jelas tujuan dan maksudnya. Apabila ada orang yang kebingungan terkait hal tersebut, maka tidak diperkenankan untuk shalat qashar.

Tata Cara Shalat Qashar

Orang muslim tetap harus menjalankan shalat 5 waktu dalam keadaan apapun. Namun Allah tetap memberikan keringanan untuk beberapa kejadian, seperti berpergian jauh sampai berhari-hari.

Keringanan tersebut berupa meringkas shalat atau yang biasa disebut dengan qashar. Nah, tata cara shalat qashar sebenarnya mudah, tetapi Otolovers harus mengetahui hukum dan syarat-syaratnya karena hal tersebut menentukan sah tidaknya qashar.

Shalat qashar hanya bisa dilakukan untuk shalat yang memiliki 4 rakaat, seperti dzuhur, ashar, dan isya. Kemudian diringkas menjadi 2 rakaat saja. Tata cara shalat qashar pertama adalah niat, seperti yang telah disebutkan di atas. Kemudian melakukan shalat 2 rakaat.

(Berbagai Sumber)

Video Arus Mudik

Mudik menjadi momen membahagiakan, karena bisa berkumpul dengan keluarga besar dan teman lama. Efeknya sendiri tentu adalah jalanan macet dan transportasi yang penuh sesak. Mau tidak mau Otolovers harus qashar sholat, apabila memang sudah memenuhi syarat sahnya.

(kpl/ahm)

BERI KOMENTAR