HOME » BERITA » KETAHUI CARA SHOLAT TARAWIH SENDIRI SAAT OTOLOVERS DI RUMAH SELAMA COVID-19

Ketahui Cara Sholat Tarawih Sendiri Saat Otolovers di Rumah Selama COVID-19

Di tengah pandemi COVID-19 tentunya Otolovers tak bisa sholat tarawih di masjid secara berjamaah. Untuk itu, yuk simak cara sholat tarawih sendiri di rumah

Jum'at, 24 April 2020 15:00 Editor : Ahmad Muzaki
Ketahui Cara Sholat Tarawih Sendiri Saat Otolovers di Rumah Selama COVID-19
Ilustrasi/copyright cendhika / Shutterstock.com

OTOSIA.COM - Sudah memasuki bulan Ramadhan 2020. Ibadah yang identik di bulan penuh rahmat ini adalah puasa, zakat fitrah, dan sholat tarawih.

Hanya saja untuk pelaksanaan sholat tarawih kali ini tak bisa dilakukan di masjid secara berjamaah. Ini karena untuk mencegah penyebaran pandemi Corona (COVID-19) dan sesuai imbauan pemerintah terkait bekerja, belajar, dan beribadah di rumah saja.

Kondisi ini tentu bikin stres banyak orang, termasuk anak komunitas motor atau mobil. Di bulan Ramadhan biasanya mereka akan adakan buka puasa bersama, sekaligus tak jarang juga dengan tarawih bersama.

Pastinya Otolovers taati imbauan pemerintah dong. Oleh sebab itu, berikut ini tim Citizen6 Liputan6.com telah merangkum niat dan tata cara sholat tarawih di rumah dari berbagai sumber. Berikut penjelasan lengkapnya:

1 dari 3 Halaman

Tata cara sholat tarawih sendiri

Ilustrasi salat tahajud (Foto: moslemforall.com)

Umumnya sholat tarawih sendiri di rumah cukup dikerjakan sebanyak 11 rakaat yang terdiri dari 8 rakaat sholat tarawih dan 3 rakaat sholat witir.

Idealnya sholat tarawih dikerjakan sebanyak 2 rakaat dengan 1 kali salam seperti sholat sunnah lainnya. Kerjakan sholat tarawih 8 rakaat dengan setiap 2 rakaat diakhiri salam seperti biasa.

Setelah itu disambung dengan sholat witir yang dikerjakan 3 rakaat diakhiri 1 kali salam. Untuk tata cara sholat tarawih sendiri di rumah sebenarnya sama dengan cara mengerjakan sholat fardhu, termasuk gerakan maupun bacaannya. Hal yang membedakan tata cara sholat tarawih dari sholat fardhu terletak pada bacaan niatnya saja.

2 dari 3 Halaman

Niat sholat tarawih

Ilustrasi/copyright Rahayuningsih / Shutterstock.com

Sholat tarawih adalah ibadah sunnah yang hukumnya sunnah muakkad. Sholat tarawih bisa dilakukan sendirian atau cara munfarid di rumah. Untuk kalian yang ingin mengerjakan sholat tarawih sendiri di rumah, baca niat berikut:

"USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA'ALAA."

Artinya: "Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala."

3 dari 3 Halaman

Niat salat witir 3 rakaat 1 salam

Ilustrasi salat (iStock)

Berikut ini bacaan niat sholat witir dengan 3 rakaat yang diikuti dengan 1 kali salam.

"Ushallii sunnatal witri tsalaasa roka'aatin mustaqbilal qiblati adaa'an (ma'muman/imaman) lillaahi ta'alaa."

Artinya:

"Saya berniat sholat witir tiga rakaat menghadap kiblat menjadi (ma'muman/imaman) karena Allah ta'alaa."

BERI KOMENTAR