HOME » BERITA » CARA SINGKAT KUASAI TEKNIK KNEE-DOWN

Cara Singkat Kuasai Teknik Knee-Down

Selasa, 03 Juli 2018 13:45 Editor : Cornelius Candra
Foto: Motorcyclenews.com

OTOSIA.COM - Salah satu cara cepat untuk melewati tikungan adalah dengan teknik knee-down. Metode ini terbukti ampuh sehingga wajib dikuasai para pembalap, bahkan pengendara motor harian.

Karena itu, diperlukan latihan yang rutin dan teknik yang benar. Berikut tahapan melakukan knee-down dilansir dari Motorcyclenews.com:

1. Posisi

Pastikan pengendara dan motor berada di posisi yang benar. Idealnya, pengendara sedikit condong ke arah menikung. Jika akan berbelok kanan, badan berada di sisi kanan motor, begitu pula sebaliknya.

Pastikan kaki dan tangan tetap mampu mengontrol laju sepeda motor. Selain itu, pusatkan pandangan ke arah yang dituju, bukan lurus ke depan.

2. Menggantung

Pada saat berbelok, bisa dibilang badan sedikit bergantung pada motor. Usahakan bertahan pada posisi tersebut sampai tikungan berakhir.

3. Bukaan gas

Selain posisi badan, bukaan gas juga tetap harus dikontrol. Turunkan kecepatan sebelum memasuki tikungan dan naikkan kembali sesaat sebelum tikungan berakhir. Hal itu perlu dilakukan supaya motor tetap stabil dan berakselerasi lebih cepat.

4. Keamanan

Hindari untuk berlatih di jalan raya karena berpotensi menyebabkan kecelakaan. Selain itu, gunakan perlengkapan berkendara dengan lengkap. Lebih baik lagi apabila didampingi dengan orang yang lebih paham mengenai knee-down.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR