HOME » BERITA » CARA TAMBAH LED UNTUK SPION MOBIL, BISA PASANG SENDIRI LHO

Cara Tambah LED untuk Spion Mobil, Bisa Pasang Sendiri Lho

Kamis, 07 Februari 2019 09:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi LED spion mobil (Auditttuning.com)

OTOSIA.COM - Tak hanya menambah estetika mobil, memakai LED di spion mobil juga dipandang bisa meningkatkan keselamatan. Maka itu, kini semakin ngetren penambahan LED untuk spion mobil.

Mendapatkan lampu LED untuk spion pun semakin mudah. Bisa secara online atau ke toko-toko aksesori mobil. Harganya juga tak membuat kantong jebol, mulai Rp 50 ribu per set termasuk ongkos pasang.

Tapi jika ingin makin berhemat, bisa juga dipasang sendiri. Menurut Nissan Indonesia, jika ingin memasang LED spion sendiri, maka perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

Cuci Spion Terlebih Dahulu

Sebelum memasang lampu LED, cuci spion terlebih dahulu supaya debu-debu yang menempel tak menimbulkan kerak pada sambungan kabel. Pakai sabun cuci mobil ya untuk mencuci spion. Jika tak ada, bisa diganti dengan sampo anti ketombe yang tak mengandung kondisioner, supaya isolasi pada cover spion tak mudah mengelupas.

Cek Kondisi Aki

Perhatikan juga kondisi aki sebelum mulai membeli Lampu LED. Rata-rata lampu LED tersebut butuh votasi 12 V DC. Pastikan daya masih cukup untuk menyuplai listrik pada mobil.

Rapikan Pemasangan Kabel

Hindari memasang kabel yang menjuntai. Sebaiknya, rapatkan kabel menjadi satu dengan kabel ties kecil. Selain itu, pastikan pita solasi pada sambungan kabel sudah benar-benar rapat, supaya tak terjadi korsleting.

Lakukan Double Cek pada Instalasi Lampu

Sebelum memasang covers spion, sebaiknya coba dulu lampu sein Otolovers. Jika sudah bekerja dengan baik dan normal maka bisa dilanjutkan sampai selesai. Sebab, seringnya orang salah memasang kutub kabel sehingga lampu tak bekerja dan risiko terjadi korsleting.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR