HOME » BERITA » 3 CARA TINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH PADA MANULA AGAR TERHINDAR CORONA COVID-19

3 Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Pada Manula Agar Terhindar Corona Covid-19

Pada usia lanjut, daya tahan tubuh yang menurun dipadu dengan munculnya penyakit bisa berakhir bahaya. Hal ini terlebih pada masa infeksi virus corona seperti saat ini

Kamis, 02 April 2020 12:30 Editor : Ahmad Muzaki
3 Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Pada Manula Agar Terhindar Corona Covid-19
Ilustrasi Orang Tua. ©manrepeller.com

OTOSIA.COM - Masalah utama pada mereka yang usia lanjut adalah kekebalan tubuh. Kondisi yang sudah menurun dan cuaca yang tak menentu, bikin daya tahan tubuh mereka menurun.

Pada usia lanjut, daya tahan tubuh yang menurun dipadu dengan munculnya penyakit bisa berakhir bahaya. Hal ini terlebih pada masa infeksi virus corona seperti saat ini.

Mereka yang berusia lanjut dan memiliki penyakit bawaan cenderung memiliki risiko lebih tinggi ketika mengalami infeksi ini. Oleh karena itu, sangat penting menjaga daya tahan dan kekebalan tubuh pada saat seperti ini.

Menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh pada manula bisa dilakukan dengan sejumlah cara. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk tingkatkan kekebalan tubuh manula.

1 dari 3 Halaman

Vaksin Flu Secara Rutin

Peneliti mengungkap bahwa mendapat vaksin flu secara rutin bisa membantu manula menurunkan risiko infeksi sekitar 40 hingga 60 persen. Dua vaksin flu yang disarankan bagi mereka yang berusia di atas 65 tahun adalah Fluzone dan Fluad.

2 dari 3 Halaman

Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin C dan E, beta karoten, serta zinc merupakan cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manula sebaiknya juga menurunkan konsumsi gula, lemak, serta makanan olahan. Ganti makanan tersebut dengan biji-bijian dan protein yang baik untuk kesehatan tubuh.

3 dari 3 Halaman

Tetap Aktif Secara Fisik

Tetap aktif secara fisik juga merupakan cara penting untuk menjaga tubuh tetap kuat dan terhindar dari virus serta infeksi. Olahraga bisa melancarkan sirkulasi darah sera memperkuat kekebalan tubuh. Pada usia senja, olahraga yang disarankan adalah berjalan, senam, atau bersepeda.

Selain tiga cara tadi untuk menjaga kesehatan tubuh, Otolovers juga harus mengunjungi dokter apabila mengalami seumlah masalah kesehatan.

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR