HOME » BERITA » CARI TAHU 7 HAL BERIKUT SEBELUM MEMUTUSKAN PILIH ASURANSI

Cari Tahu 7 Hal Berikut Sebelum Memutuskan Pilih Asuransi

Semakin banyak pilihan perusahaan asuransi, justru semakin susah menentukan pilihan. Maka itu, ada beberapa hal yang bisa dipakai untuk memilih asuransi kendaraan.

Rabu, 04 Maret 2020 20:15 Editor : Dini Arining Tyas
Cari Tahu 7 Hal Berikut Sebelum Memutuskan Pilih Asuransi
Asuransi kendaraan (Ilustrasi/Motor1.com)

OTOSIA.COM - Memilih perusahaan asuransi untuk kendaraan tak semudah membalik telapak tangan. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Apalagi saat ini semakin banyak perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai macam layanan menarik.

Pilihan yang semakin beragam itu justru terkadang membuat bingung. Sebenarnya, ada banyak sumber yang bisa jadi referensi untuk memepermudah memahami perusahaan asuransi mana yang sesuai dengan kebutuhan. Bisa melalui internet ataupun berdasarkan rekomendasi orang terpercaya.

Tapi ada baiknya untuk menanyakan beberapa hal secara langsung ke kandidat perusahaan asuransi yang akan dipilih. Seperti dikutip dari laman Hyundai Indonesia, berikut 7 hal yang wajib ditanyakan kepada perusahaan asuransi:

1 dari 7 Halaman

Biaya Own Risk (Risiko Sendiri)

Beberapa pihak asuransi menerapkan sistem pembayaran OR (Own Risk). Rata-rata biayanya Rp 200 ribu. Selain itu, penerapannya pun beragam, ada yang menerapkan per kejadian tapi ada juga yang menerapkan per panel.

Maka itu, perlu dipastikan. Sebab, jika ternyata ada biaya OR, maka ketika mengklaim ada pembayaran OR sendiri. Biasanya, biaya sistem OR ini menuntut pemilik mobil harus bolak-balik ke bengkel dan asuransi.

2 dari 7 Halaman

Proses Klaim

Otolovers juga perlu memperhatikan proses klaim, sederhana atau rumit. Tanyakan soal waktu tunggu Surat Perintah Kerja (SPK). Selama menunggu dan mobil tidak bisa dipakai, apakah mendapatkan penggantian dari asuransi atau tidak. Sebab, sebelum bengkel mendapatkan SPK, bengkel juga belum bisa mengerjakan perbaikan mobil. Ada baiknya memilih asuransi yang menawarkan klaim cepat dan sederhana.

3 dari 7 Halaman

Bengkel Rekanan

Perlu dipastikan juga seberapa banyak bengkel rekanan asuransi dan di mana saja. Apakah lokasi bengkel rekanan mudah dijangkau dari lokasi aktivitas Otolovers atau tidak. Juga pastikan seberapa bagus kualitas bengkel rekanan calon asuransi.

Jangan sampai Otolovers kesulitan saat membutuhkan bengkel rekanan asuransi dan jangan sampai hasilnya mengecewakan. Meskipun bisa komplain ke asuransi soal hasil pengerjaan bengkel, tapi perhitungkan kerugian waktu dan tenaga yang terbuang. Lebih baik memilih asuransi yang memiliki bengkel rekanan resmi (Authorized).

Ilustrasi (motor1)

4 dari 7 Halaman

Tanggung Jawab Pihak Ketiga dan Personal Accident

Bagian ini harus dipahami benar, sebab jika terjadi kecelakaan seperti menabrak sepeda motor, kadang pihak ketiga mengalami kerusakan lebih berat ketimbang yang menabrak. Perusahaan asuransi yang memiliki program dengan tanggung jawab pihak ketiga yang besar, bisa diberi poin plus.

Sehingga, biaya untuk pihak ketiga pun tidak menjadi beban tambahan. Lebih bagus lagi jika perusahaan asuransi memiliki program perlindungna kecelakaan diri pengemudi dan penumpang.

5 dari 7 Halaman

Layanan Gratis Perlindungan 24 Jam

Jangan terkecoh dengan rate asuransi yang murah. Banyak yang menawarkan hal tersebut tapi tak memberi pelayanan yang memuaskan. Seperti tak memiliki call center layanan 24 jam atau susah dihubungi bahkan tak ada yang menjawab. Parahnya, layanan tersebut hanya berlaku terbatas, di Jabodetabek saja misalnya.

Pastikan bahwa perusahaan asuransi memiliki layanan gratis perlindungan 24 jam untuk mengantisipasi segala macam kejadian tak terduga. Pilih yang memiliki layanan ini dan mencakup wilayah yang luas.

6 dari 7 Halaman

SRCC

SRCC atau Strike, Riot and Civil Commotion (Kerusuhan, Pemogokan dan Huru-Hara & Banjir) juga perlu ditanyakan. Kondisi geografis dan politik daerah seringkali membaut kendaraan rusak. Tanyakan saja soal perlindungan yang bisa dikalim ke asuransi, baik pada kerusakan interior, eksterior, panel dashboard, mekanikal, elektrikal, dan kerusakan lainnya atas kendaraan yang dipertanggungkan.

7 dari 7 Halaman

Pembayaran

Terkahir, pastikan soal cara pembayarannya. Lebih baik memilih asuransi yang menggunakan sistem pembayaran premi paling fleksibel. Maksudnya, bisa dibayer menggunakan berbagai macam metode, seperti tunai, transfer, atau kartu kredit.

BERI KOMENTAR