HOME » BERITA » CARI FEDERAL OIL ASLI, INI DIA CIRI-CIRINYA

Cari Federal Oil Asli, Ini Dia Ciri-cirinya

Jum'at, 13 April 2018 10:45 Editor : Cornelius Candra
Foto : Nazar Ray

OTOSIA.COM - Membedakan oli palsu di pasaran memang susah-susah gampang. Selain kemasan, kandungan didalamnya juga sulit dibuktikan bahwa ini adalah palsu. Yang paling terasa adalah saat kendaraan digunakan. Mesin terasa panas, tidak bekerja maksimal, dan tentu saja mesin jadi rusak.

Karena itulah, sebagai konsumen dianjurkan untuk kritis dalam memilih oli sebelum mengalami kerugian yang tidak diinginkan.

Bahkan pihak MPM Lubricants selaku produsen Federal Oil (sepeda motor) dan Federal Mobil (kendaraan roda empat) pun menyarankan, agar konsumen melihat langsung proses penggantian oli di bengkel guna memastikan oli yang diisi benar-benar asli dan yang diinginkan.

Nah khusus untuk Federal Oil, Adrian Baskoro, Vice President Director MPM Lubricants menegaskan bahwa Federal Oil telah melakukan upaya mencegah terjadinya pemalsuan atau manipulasi pada produknya, sehingga konsumen tidak dirugikan. Federal Oil, lanjut Adrian, sangat fokus akan kualitas setiap produknya dan memastikan konsumenya mendapatkan produk pelumas asli.

Untuk mencegah pemalsuan produk pelumas, Federal Oil menggunakan teknologi barcode pada kemasannya untuk menjamin konsumen mendapatkan keaslian produk yang dibeli.

Di botol kemasan kita terdapat barcode, yang kalau kita scan dengan ponsel, akan terhubung dengan link kita (Federal Oil), yang akan langsung memastikan produk pelumas tersebut asli, kata Adrian Baskoro.

Untuk mudah membedakan mana oli Federal asli atau palsu bisa dilihat dari kondisi botolnya. Pada Federal Oil yang asli, pertama konsumen harus memperhatikan laser print Federal Oil yang harusnya tercetak dengan rapi.

Selanjutnya kode produksi (no produksi) yang terletak pada tutup dan botol harus sama, dan ke tiga bila label oli yang asli dipindai dengan sinar UV di area tertentu, maka akan muncul tulisan Federal Oil. Meski demikian, Federal Oil masih memaklumi jika konsumen awam tidak tahu persis pelumas yang benar-benar asli.

Sebenarnya untuk oli kita mudah untuk membedakan asli atau tidak. Tapi kami menyebutnya bukan oli palsu, tapi non-autorhized, karena Federal Oil tidak pernah membuat oli palsu. Dari bentuk botol akan keliatan warna dan tekstur. Kalau yang palsu kasar. Terkadang warna tutupnya lain. Itu (pemalsuan) banyak terjadi di outer, daerah pinggiran. Yang jelas oli non-autorhized, harganya bisa lebih murah, bisa lebih tinggi, atau dimanfaatkan dengan harga sama. Dan kita adalah spesialis dengan kandungan oli yang mampu mendinginkan mesin. Jika tidak itu bukan oli kita, jelas Adrian.

Karena itu Federal Oil menyarankan konsumen untuk membelinya di gerai-gerai terpercaya, seperti di bengkel-bengkel yang bertanda Federal Oil Center (FOC).

Jadi sebenarnya kita sudah lama melakukan edukasi konsumen, mulai website, dari bengkel, mengedukasi mekanik, sampai mengundang para pemilik bengkel di gathering kita. Di sini mereka kita beritahukan ciri-ciri oli palsu apa saja, dan mereka akan menyampaikannya juga ke konsumen, tutup Adrian.

Reporter : Nazarrudin Ray

(kpl/nzr/crn)

BERI KOMENTAR