HOME » BERITA » CARI VIOS SECOND BUAT MUDIK, CEK DAN GANTI BENDA SATU INI KALAU PERLU

Cari Vios Second Buat Mudik, Cek dan Ganti Benda Satu Ini Kalau Perlu

Kepingin punya sedan Toyota yang usianya masih belum terlalu tua tapi ramah kantong? Vios second generasi awal atau kedua bisa jadi pilihan.

Selasa, 10 April 2018 19:15 Editor : Cornelius Candra
Foto : Toyota Vios bekas/ Dimas Wahyu

OTOSIA.COM - Kepingin punya sedan Toyota yang usianya masih belum terlalu tua tapi ramah kantong? Vios second generasi awal atau kedua bisa jadi pilihan.

Carinya pun gampang karena banyak perusahaan taksi seperti Blue Bird yang menjualnya dalam rangka tahap peremajaan.
Namun namanya mobil second, tetap harus ada yang diperiksa.

Pasalnya, meski mesinnya yang bertipe 1NZ-FE terbilang awet, rata-rata jarak tempuh mobil sudah di atas 100.000-200.000 km. Kepala Bengkel Blue Bird Marga Mulya Agus Suharto pun salah satu yang memakainya secara pribadi.

"Saya pakai dari kilometer 250.000 km sampai 410.000 km.
Pemakaian empat tahun, ganti yang rutin-rutin saja, kampas rem, busi, filter-filter," kata dia.

Namun di tahun ketiga, ia merasa akan lebih yakin jika kampas kopling diganti. Kampas kopling ini sendiri tergolong suku cadang slow-moving yang artinya baru akan diganti setelah pemakaian bertahun-tahun.

"Tahun ketiga saya ganti kopling karena mau mudik, daripada kenapa-kenapa di jalan. Ganti kopling di Jakarta Rp 1 juta kan kalau di jalan bisa jadi Rp 2 juta," ujarnya terkekeh.

Di luar saran itu, perawatan rutin tidak boleh diabaikan. Untuk kampas kopling sendiri, kualitasnya untuk mobil transmisi manual bisa dicek dengan menahan kopling saat gigi satu dalam kondisi mesin menyala.

Jika pedal kopling dilepas tiba-tiba dan mobil terasa menyentak, maka kampas kopling masih dalam kondisi baik. Di luar itu, cek selalu aturan penggantian ini dan suku cadang lainnya berdasarkan buku manual.

(kpl/why/crn)

BERI KOMENTAR