HOME » BERITA » AKAL-AKALAN CASHBACK UANG MUKA LEASING JUSTRU BIKIN KREDIT MOTOR MACET

Akal-akalan Cashback Uang Muka Leasing Justru Bikin Kredit Motor Macet

YLKI menyebut bahwa penyebab kredit macet ialah permainan perusahaan leasing dalam memberikan uang muka.

Kamis, 16 Januari 2020 11:15 Editor : Cornelius Candra
Akal-akalan Cashback Uang Muka Leasing Justru Bikin Kredit Motor Macet
Ilustrasi kredit motor (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Sepanjang 2019 ada 31 kasus yang diterima oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) terkait leasing. Mengutip dari Merdeka.com, sebanyak 25%, laporan tersebut merupakan masalah kredit macet.

Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi, mengungkapkan penyebab terjadinya kredit macet karena adanya permainan perusahaan leasing dalam memberikan uang muka. Salah satunya melalui pemberian cash back terhadap konsumen.

Secara regulasi pemberian uang muka dilakukan leasing untuk kendaraan roda dua dan empat, yakni sebesar 20-30 persen dari harga jual kendaraan. Namun alih alih, perusahaan leasing tetap memberikan uang muka dengan besaran ditentukan, tetapi tetap dengan memberikan cash back.

1 dari 1 Halaman

"Tapi mereka tetap memberikan 20-30 persen akan tetapi kemudian diakali dengan cara memberikan cash back. Kalau sepeda motor uang muka cuma Rp 2 juta kemudian cash back Rp 2 juta kan jadi nol," kata Tulus di kantornya, Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Kemudian permainan lain yang kerap dilakukan perusahaan leasing dengan cara memberikan cicilan terhadap uang muka. Di samping membayar cicilan uang muka, konsumen dibebankan juga dengan cicilan pokok setiap bulan.

"Uang muka dicicil, kemudian dia mencicil uang bulanannya juga ini menjadi kredit macet 25 persen. Leasing sepeda motor menjadi kemiskinan di rakyat miskin dengan iming-iming lain. Upaya pemerintah melindungi uang muka di lapangan tidak terlaksana," jelas dia.

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR