HOME » BERITA » CAT OFFROAD 'KULIT JERUK', BERSIHKAN BODI DARI LUMPUR DISIKAT KAWAT TAK MASALAH

Cat Offroad 'Kulit Jeruk', Bersihkan Bodi dari Lumpur Disikat Kawat Tak Masalah

Cat kulit jeruk Raptor Basecoat menjadi favorit kalangan offroader. Tidak heran jika cat tersebut tahan dengan sikat kawat ketika dibersihkan.

Rabu, 24 Juni 2020 16:15 Editor : Nazarudin Ray
Cat Offroad 'Kulit Jeruk', Bersihkan Bodi dari Lumpur Disikat Kawat Tak Masalah
Mobil offroad yang mengaplikasikan cat Raptor Basecoat (eNewsletter NMAA)

OTOSIA.COM - Selain tampilan body dan kaki-kaki, cat juga dapat membuat tampilan mobil menjadi macho dan gahar. Namun cat kali ini berbeda dengan cat mobil pada umumnya. Tidak heran jika cat ini lebih menyasar kalangan pehobi offroad yang kerap berjibaku dengan tanah, lumpur, batu, dan pasir.

Adalah Raptor Basecoat, produk impor dari Negeri Ratu Elizabeth, yang menjadi favorit kalangan offroader. Karakter catnya kuat dan tebal dengan tekstur seperti kulit jeruk. Permukaan model kulit jeruk diklaim bisa tahan 5 sampai 8 tahun.

Bahkan cat ini pernah menyabet penghargaan sebagai 'Bahan Cat Anti Gores Pertama di Indonesia' dari Rekor Otomotif Indonesia (ROI).

"Produk Basecoat Raptor cocok untuk pehobi yang ingin tampil beda dengan motor atau mobilnya, terutama bagi yang menggemari Offroad," ujar Marco Chendra, CEO Raptor Indonesia seperti dikutip dari eNewsletter National Modificator & Aftermarket Association (NMAA).

1 dari 3 Halaman

Menurut Marco, basecoat memiliki komposisi scratch resistant, UV resistant dan chemical resistant. Campuran ini menghasilkan daya tahan permukaan cat yang kuat. Kelebihan lainnya, lapisan ini tahan terhadap getah pohon, kotoran burung, bensin hingga solar.

Bahkan cat berbahan polyurethane tersebut dapat diaplikasikan ke semua permukaan besi, plastik, kayu, dan concerete lantaran mengandung komponen binder dan hardener.

2 dari 3 Halaman

Marco menyatakan bahwa cat tersebut dapat menjaga ketahanan bodi mobil. Maklum saja, kendaraan-kendaraan yang dipakai offroad rentan terhadap baret atau goresan. Tekstur yang mumpuni inilah yang menjadi andalan dari produk raptor. Tapi jangan salah, pengaplikasian cat ini juga bisa dibuat lebih halus dengan teknik tertentu.

Dengan basecoat raptor, jika bodi tergores dapat dibersihkan dengan sikat kawat sekalipun, bekas goresan tersebut akan hilang. Yang pasti mobil-mobil pehobi offroad atau SUV akrab dengan lumpur, tanah, dan pasir, serta material berair. Jadi tidak masalah dibersihkan dengan cara digosok sikat kawat.

?Jadi kalau kena baret atau tergores tidak berpengaruh ke bodi mobil, bahkan kalau kita congkel pake kuku, malah patah kukunya,? tukas Marco, sambil terkekeh.

3 dari 3 Halaman

Soal proses pengecatan, Marco menyebut lama pengerjaan memakan waktu 21 hari. Durasi waktu tersebut meliputi pengerjaan kerok total, mengganti pelat, membersihkan karat, terutama untuk mobil berukuran besar.

Sementara proses pengecatannya sendiri terbilang lebih singkat, yakni hanya 3 jam, atau maksimal satu hari. Namun hal ini tergantung kondisi mobil sebelum masuk ke proses pengecetan.

Untuk biaya, Marco menyebut angka Rp 35 juta dengan waktu pengerjaan paling lama satu buan. Raptor menawarkan beberapa pilihan warna yang dapat dikonfigurasikan sesuai selera dan kebutuhan.

BERI KOMENTAR