HOME » BERITA » CATAT, INI HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM GANTI CAT MOBIL

Catat, Ini Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ganti Cat Mobil

Saat ingin mengganti warna cat, ada baiknya otolovers memperhatikan beberapa hal.

Kamis, 21 Juni 2018 21:45 Editor : Dini Arining Tyas
Foto ilustrasi by oriellycc.com

OTOSIA.COM - Tak sedikit orang-orang yang mengganti warna cat mobilnya. Tentu hali ini akan disesuaikan dengan selera pemilik.

Saat ingin mengganti warna cat, ada baiknya otolovers memperhatikan beberapa hal. Lalu coba ikuti langkah untuk mengganti warna cat mobil, seperti dikutip dari laman Toyota.

1. Gunakan Amplas

Langkah pertama, gosok bagian mobil yang akan diganti warna catnya dengan menggunakan amplas hingga halus. Saat mengamplas warna cat, baiknya otolovers memilih jenis amplas dengan tipe 1000 agar hasilnya jauh lebih maksimal. Jika proses pengamplasan sudah selesai segera cucilah bagian mobil yang sudah diamplas hingga bersih.

2. Jemur Mobil

Keringkan mobil yang sudah dicuci di bawah terik matahari. Pastikan bahwa mobil anda sudah dalam keadaan kering untuk segera dilakukan proses pengecetan selanjutnya.

3. Cek Jamur

Jika anda menemukan bagian mobil yang belum bersih karena adanya jamur yang melekat pada badan mobil, maka bisa mengamplas bagian badan mobil yang terkena jamur berkali-kali hingga jamur hilang dan warnanya netral seperti warna bagian mobil lainnya.

Jika jamur pada bagian mobil tersebut sudah hilang, cuci kembali bagian mobil tersebut dengan air dan jemur mobil hingga semua benar-benar kering.

4. Beri Warna Cat Dasar

Setelah kering dan tak ada jamur, beri warna cat dasar pada body mobil sesuai yang diinginkan. Umumnya, warna cat dasar yang digunakan netral seperti abu-abu dan putih agar warna cat yang akan kita aplikasikan akan menjadi lebih optimal.

Jika badan mobil sudah dicat dengan cat dasar, keringkan cat mobil dengan cara dijemur di bawah terik matahari selama beberapa jam. Hindari debu pada saat memberi warna cat dasar.

5. Amplas Kembali

Setelah cat sudah kering, amplas kembali semua badan mobil yang sudah diberi warna cat dasar dengan menggunakan jenis amplas >1200, tipis-tipis untuk menghaluskannya.

6. Cat Semua Bagian Mobil Secara Merata

Piih warna car mobil yang diinginkan dan cat semua bagian mobil secara rata. usahakan cat yang digunakan untuk proses pewarnaan ini adalah cat yang lebih encer dengan perbandingan 1 liter cat dan 4 literthiner cat dengan super A.

Teknik pengecatan pun harus berhati-hati dan teliti, cukup mengusap kuas cat skali saja tanpa harus diulang-ulang agar hasil pewarnaan merata.

7. Jemur Kembali Hingga Benar-Benar Kering

Setelah proses mengecat, jemur kembali hingga kering. Setelah kering, berikan pernis pada badan mobil yang sudah dicat. Pilih pernis Blinken atau Avian S4000 untuk hasil akhir yang mengkilap.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR