HOME » BERITA » CATAT, INI KETENTUAN PSBB DI KOTA BANDUNG MULAI 22 APRIL 2020

Catat, Ini Ketentuan PSBB di Kota Bandung Mulai 22 April 2020

PSBB juga akan diterapkan di Kota Bandung mulai 22 April 2020 dan berlaku 14 hari ke depan.

Senin, 20 April 2020 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
Catat, Ini Ketentuan PSBB di Kota Bandung Mulai 22 April 2020
Simulasi penerapan PSBB di Kota Bandung (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) juga akan diterapkan di Kota Bandung. PSBB di wulayah Bandung dimulai pada 22 April 2020.

Melansir Liputan6.com, Ema Sumarna selaku Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan PenangananCovid-19Kota Bandung menyampaikan,Wali Kota Bandung Oded M Danial telah menandatangani Peraturan Wali Kota (Perwal) Bandung No 14/2020 terkaitpelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),Minggu (19/4/2020).

"Perwal PSBB di Kota Bandung sudah ditandatangani oleh pak wali kota. Artinya secara hukum sudah clear," kata Ema.

1 dari 3 Halaman

Perwal tersebut, kata Ema, merupakan aturan teknis dari Peraturan Gubernur Jawa Barat No 30/2020. Di mana pada Perwal terkait pelaksanaan PSBB ini mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No 9 Tahun 2020.

"Jadi aturan ini harus dipahami oleh semua, bukan hanya gugus tugas saja. Supaya masyarakat paham, maka sosialisasi dan edukasi ini strategi yang paling tepat," ujarnya.

Menurutnya, isi Perwal tersebut berkaitan dengan pemberlakuan PSBB dalam penanganan Covid-19 di Kota Bandung. Adapun waktu pemberlakuan PSBB di wilayah Bandung dimulai pada Rabu (22/4/2020) hingga 14 hari ke depan.

2 dari 3 Halaman

Poin lain yang tertuang dalam Perwal tersebut adalah masyarakat yang berdomisili atau melaksanakan aktivitas di Kota Bandung wajib mematuhi ketentuan pelaksanaan PSBB sesuai ketentuan perundang undangan.

"Secara garis besarnya aktivitas yang diperbolehkan seperti aksesibiltas layanan kesehatan dan kebutuhan pangan. Rumah makan juga boleh buka tapi dengan catatan tidak boleh makan di tempat," kata Ema.

Selain itu, masyarakat dan petugas yang menangani Covid-19 tetap menggunakan masker dan melakukan jaga jarak.

"Kalau tidak ada keperluan urgent, masyarakat tetap berada di rumah. Mau belanja, kita sudah sediakan di aplikasi. Kemudian pekerja baik di negeri dan swasta saya kira sudah terbiasa work from home," ujarnya.

3 dari 3 Halaman

Pemkot Bandung juga sudah menyalurkan bantuan melalui jaring pengaman sosial bagi warga yang terdampak Covid-19.

Adapun penegakan hukum atas tindakan administratif terhadap warga masyarakat, aparatur, atau badan hukum yang melakukan pelanggaran Perwal tersebut berjenjang mulai dari teguran lisan, peringatan, catatan Kepolisian terhadap para pelanggar, penahanan kartu identitas, pembatasan dan pembubaran kegiatan, penutupan sementara, pembekuan izin dan pencabutan izin.

Selain Kota Bandung, empat wilayah lain di wilayah metropolitan Bandung juga akan menerapkan PSBB terkait penyebaran corona. Keempat wilayah tersebut adalah Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sumedang.

BERI KOMENTAR