HOME » BERITA » CATAT! SURAT-SURAT KENDARAAN BARU DAPAT KELUAR DALAM SEHARI

Catat! Surat-surat Kendaraan Baru dapat Keluar dalam Sehari

Biasanya, surat-surat kendaraan diurus oleh pihak penjual kendaraan. Konsumen hanya perlu menunggu. Mengurus surat kendaraan rupanya tak butuh lama, asalkan persyaratan lengkap.

Selasa, 14 Juli 2020 21:45 Editor : Dini Arining Tyas
Catat! Surat-surat Kendaraan Baru dapat Keluar dalam Sehari
Surat kendaraan bermotor (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Saat membeli sepeda motor atau mobil baru, surat-surat kendaraan tak bisa langsung ada. Biasanya konsumen harus menunggu beberapa hari untuk mendapatkan surat-surat itu meskipun unit kendaraan sudah dikirim ke rumah.

Lalu kapan sebenarnya surat-surat kendaraan itu bisa keluar?

Dilansir dari Liputan6.com, Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Martinus menjelaskan, pengurusan surat kendaraan di Polda Metro hanya butuh waktu kurang lebih satu hari.

"Tidak ada berapa hari, yang jelas kalau persyaratannya lengkap, saat itu juga diproses. Untuk proses BPKB one day service, STNK setelah BPKB sama, lebih singkat lagi. makanya, kalau ada yang lama itu tidak mungkin," jelas Martinus saat ditemui di kantornya, beberapa waktu lalu.

1 dari 2 Halaman

Penyebab Lama

Martinus melanjutkan, jika dari kepolisian, pengurusan surat-surat kendaraan baru memang tidak membutuhkan waktu lama. Jika ada yang mengatakan prosesnya lama, maka hal tersebut tidak ada hubungan dengan pelayanan kepolisian.

"Kalau lama prosesnya, asumsi pertama bisa dari penjual kendaraan yang tidak langsung mengurus, bahasanya seperti itu. Mungkin fakturnya belum diterbitkan, atau belum selesai faktur di pihak APM atau produsen kendaraan," lanjutnya.

 

2 dari 2 Halaman

Selain itu, Martinus juga menyebut bahwa pengurusan surat kendaraan yang lama bisa jadi lantaran penjual kendaraan tidak mengurus atau menyerahkan dokumen satu konsumen untuk diproses di Polda. Melainkan menunggu hingga terkumpul dahulu.

"Mungkin penjual, jualan tidak satu atau dua unit saja, prosesnya bersama-sama ada delay di situ. Atau finance di perusahaan sistem penagihannya secara langsung. Masing-masing memiliki ketentuan berbeda-beda," tandasnya.

BERI KOMENTAR